News  

161 Tenaga Medis di Surabaya positif Corona, 4 Meninggal

Tenaga Medis di surabaya meningal dunia

Milenianews.com, Surabaya – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Joni Wahyuhadi, mengungkapkan empat tenaga medis meninggal akibat covid-19. Sementara 161 tenaga medis dinyatakan positif virus corona.

“Tercatat sampai 5 Juni 2020, 161 orang konfirmasi positif, terdiri atas 72 perawat dan 50 dokter,” ucap Joni di Primetalk News Metro Tv, Selasa, (9/6).

Baca Juga : Siap Hadapi ‘New Normal’ Bersama Bintang Sekolah Indonesia

Satu tenaga medis senior meninggal, butuh waktu 15 tahun untuk menggantikannya

Joni menyebut tenaga medis merupakan benteng terakhir penanganan covid-19 yang tentu berpotensi tinggi tertular virus Corona. “Bila satu tenaga medis gugur maka satu benteng terakhir ikut runtuh.”

“Jadi kami sangat bersedih. Untuk satu dokter senior saja dibutuhkan 10-15 tahun untuk menggantikannya, jadi kami di belakang ini betul-betul merasakan bagaimana dampaknya,” katanya.

Dia meminta masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan covid-19. Masyarakat dapat membantu meringankan beban tenaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Masyarakat juga bisa membantu para penderita penyakit lainnya yang seharusnya menjalani perawatan intensif, ——-seperti tindakan operasi maupun kemoterapi-, dapat tetap aman datang ke rumah sakit.

Baca Juga : Usai PSBB Gubernur Anies akan Terapkan PSBL di 62 Zona Merah Jakarta

“Mereka tak berani datang ke rumah sakit karena takut tertular virus Corona.”

“Biarkan kami tinggal di rumah sakit, supaya Anda nyenyak tinggal di rumah. Karena dengan tidak tinggal di rumah, Anda membawa virus dan menularkan penyakit. Berarti juga membebani rumah sakit,” tutur Joni.

Kasus positif covid-19 di Surabaya mencapai 1.241 kasus hingga Rabu, (10/6). (afr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *