Tips Sehat Raga & Pikiran Jalani Puasa Ramadhan di tengah Pandemi

Tubuh sehat saat Ramadhan

Milenianews.com, Jakarta – Ramadhan sudah tiba, umat muslim di Tanah Air akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1441 H. Meskipun pandemi virus Corona atau Covid-19 masih berjalan, umat muslim harus tetap menjaga kesehatan badan dan pikiran agar khusyuk menjalankan ibadah puasa.

Psikolog Maharani Ardi Putri berbagi tips untuk umat Islam agar badan dan pikiran tetap sehat di bulan Ramadan. Pertama, berpikir positif dan hindari hal negatif.

Baca Juga : Saran Menu Sahur agar tidak Lemas di Hari Pertama Puasa

“Karena pikiran dan perasaan itu akan mempengaruhi badan kan. Kalau misalnya kita terlalu banyak berpikir yang jelek akan mempengaruhi imunitas kita. Kalau imunitasnya sudah turun, nanti badannya yang sakit,” jelasnya, yang berhasil dilansir dari merdeka.com, Rabu (22/4).

Rajinlah berolahraga 30 menit perhari saat puasa Ramadhan

Umat muslim juga harus memilah informasi yang diterima. Pastikan semua informasi tersebut memberikan dampak baik bagi perasaan.

Maharani menyarankan agar umat Islam lebih banyak membaca berita-berita Ramadhan yang menyenangkan. Atau mengikuti kuliah agama melalui media sosial.

“Kemudian mungkin sekarang mulai bikin daftar hal yang bisa dilakukan apa saja. Sehingga nanti setelah masuk Ramadan enggak bingung. Dari sekarang sudah pikir mau ngapain saja ini, yang memungkinkan untuk dilakukan,” sambungnya.

Selanjutnya, perbanyak bersedekah kepada orang lain yang sangat membutuhkan. Kegiatan tersebut menurutnya, bisa menimbulkan perasaan positif bagi diri sendiri. Apalagi, di tengah masa pandemi Covid-19, perekonomian sebagian masyarakat menurun karena aktivitas di luar rumah dibatasi.

“Sama jaga keyakinan dan harapan bahwa semua ini akan terlewati kok nantinya. Kan Ramadhan is about tentang bagaimana kita menjaga keyakinan kita, bagaimana kita memahami apa yang kita lakukan selama ini. Jaga keyakinan bahwa kita melalui ini bersama,” ucapnya.

Sementara itu, Anggota Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra mengatakan, di bulan Ramadan umat Islam harus tetap menjaga kesehatan tubuh. Dengan cara rutin berolahraga minimal 30 menit sehari dan menjaga asupan gizi.

“Kita harus mengawali dengan exercise pagi atau sore hari. Tidak perlu lama, sampai 30 menit sehari sudah cukup. Yah jogging-jogging-an, kalau ada anak, adek, itu bisa bermain, bercanda, main bola, atau apalah yang bisa dilakukan,” ucapnya.

Bila buka puasa tiba, maka jangan makan makanan berminyak berlebihan. Misalnya pisang goreng, cireng atau cilok. Kemudian kurangi minum air dingin. Minum air dingin, kata Hermawan, bisa mengakibatkan radang tenggorokan.

“Apalagi kita menghadapi Covid-19 yang sangat senang dan rentan di tenggorokan kita,” ujar dia.

Baca Juga : Sobat Milenia, Hindari Makanan ini di Sahur Pertamamu Ya!

Adapun saat sahur, umat Islam harus memperbanyak makan makanan berserat dan menyeimbangkan asupan protein dengan karbohidrat. Terakhir, menjaga diri agar tidak stres.

“Kenapa saya menekankan karena di masa pandemi Covid-19 bukan hanya khawatir terpapar tapi yang lebih besar itu tekanan ekonomi. Semua kita saat ini mengalami tekanan ekonomi, bangsa, masyarakat, individu. Oleh karena itu, memang berlatih diri menjauhkan dari dari pikiran stress,” pungkasnya. (afr)

Space Iklan Milenianews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *