Kabar, News  

China Pasang Spyware di Smartphone Turis

China Smartphone Spyware

Milenianews.com – Dilansir dari errorcybernews (03/7) Polisi perbatasan China secara diam-diam memasang aplikasi pengintaian atau spyware di smartphone para turis dan mengunduh informasi pribadi sebagai bagian dari pengawasan intensif pemerintah terhadap wilayah Xinjiang yang terpencil.

Pemerintah China telah membatasi kebebasan di provinsi itu bagi penduduk Muslim setempat, memasang kamera pengenal wajah di jalan-jalan dan di masjid dan dilaporkan memaksa penduduk untuk mengunduh perangkat lunak yang bisa mencari lokasi mereka.

Investigasi oleh The Guardian dan mitra internasional telah menemukan bahwa para pelancong menjadi sasaran ketika mereka mencoba memasuki wilayah tersebut dari negara tetangga Kyrgyzstan.

Penjaga perbatasan China mengambil ponsel mereka dan secara diam-diam memasang aplikasi spyware yang mengekstrak email, teks, dan kontak, serta informasi tentang smartphone turis itu sendiri. Turis mengatakan mereka belum diperingatkan oleh pihak berwenang sebelumnya atau diberitahu tentang apa yang dicari perangkat lunak, atau bahwa informasi mereka sedang diambil.

Penyelidikan, dengan mitra termasuk Süddeutsche Zeitung dan New York Times , telah menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan perbatasan Irkeshtam yang jauh untuk menyeberang ke negara itu memiliki ponsel mereka disaring oleh penjaga.

Baca Juga : Tahun Baru China Yang Mendunia

Edin Omanović, dari grup Privacy International, menggambarkan temuan itu sebagai “sangat mengkhawatirkan di negara di mana mengunduh aplikasi atau artikel berita yang salah dapat mengakibatkan penahanan”.

 

Aplikasi seperti yang muncul di ponsel Android.
Aplikasi seperti yang muncul di ponsel Android. Foto: Süddeutsche Zeitung (The Guardian)

Muncul dengan ikon Android default dan kata-kata 蜂 采 (Fēng cǎi); istilah ini tidak memiliki terjemahan bahasa Inggris langsung, artinya berkaitan dengan lebah yang mengumpulkan madu.

Turis Akui Petugas Perbatasan China Pasang Aplikasi yang diduga Spyware

The Guardian berbicara kepada seorang pelancong yang telah menyeberangi perbatasan ke Xinjiang tahun ini dengan ponsel Android. Serta merasa terganggu melihat aplikasi diinstal pada ponselnya. Dia mengatakan dia telah diminta untuk menyerahkan teleponnya di pos pemeriksaan, dan itu telah dibawa ke ruang terpisah. Dia dan semua pelancong lainnya di pos pemeriksaan itu juga telah diminta menyerahkan nomor pin mereka kepada petugas, dan telah menunggu sekitar satu jam untuk mengembalikan ponsel mereka.

Spyware Turis China
Sumber : The Guardian

Pada titik tidak mereka diberitahu apa yang dilakukan pada telepon.

Dia telah diberitahu oleh agen perjalanan internasional dan informasi wisatawan di Kirgistan bahwa sesuatu akan terjadi dengan teleponnya di perbatasan.

“Kami pikir itu pelacak GPS,” katanya. “[Perusahaan perjalanan] cukup yakin kami akan memasukkan benda ini.”

Dia memeriksa teleponnya ketika dikembalikan dan menemukan aplikasi segera.

“Ada pos pemeriksaan lain sekitar dua jam perjalanan dan saya berpikir bahwa mungkin mereka telah mengunduh barang-barang dan mereka akan memiliki semua analis mereka melalui semuanya saat kami bepergian, dan kemudian mungkin mereka [akan] mengirim orang kembali ketika mereka harus tempat berikutnya. “

Spyware Tidak di Hapus Lagi Sepulangnya dari China

Turis mengatakan dia tidak diminta untuk menyerahkan telepon yang dipasang spyware di titik lain selama kunjungannya, atau ketika dia pulang dari China. Dia mengatakan dia tidak khawatir tentang membawa telepon bersamanya, karena ada begitu banyak pengawasan terbuka di wilayah tersebut. Dia menambahkan: “Saya tidak suka itu. Jika mereka melakukannya di negara asal saya, saya akan terkejut. Akan tetapi ketika kamu bepergian ke China, kamu mungkin tahu hal seperti ini akan terjadi. ”

Omanovic mengatakan: “Ini adalah contoh lain mengapa rezim pengawasan di Xinjiang adalah salah satu yang paling melanggar hukum, meluas dan kejam di dunia”.

“Sistem ekstraksi modern memanfaatkan ini untuk membangun gambar yang terperinci namun cacat dalam kehidupan manusia. Aplikasi, platform, dan perangkat modern menghasilkan sejumlah besar data yang orang bahkan mungkin tidak tahu. Atau percaya mereka telah menghapus akses, tetapi yang masih dapat ditemukan pada perangkat. ” pungkasnya.

Maya Wang, peneliti senior China di Human Rights Watch, mengatakan: “Kita sudah tahu bahwa penduduk Xinjiang, khususnya Muslim Turki. Dipastikan menjadi sasaran pengawasan sepanjang waktu dan multidimensi di wilayah tersebut .

“Apa yang kamu temukan melampaui itu. Itu menunjukkan bahwa bahkan orang asing pun menjadi sasaran pengintaian massa dan melanggar hukum semacam itu. ”

Penggunaan aplikasi ini terungkap setelah para turis membawa ponsel mereka ke wartawan di Jerman.

Analisis perangkat lunak itu oleh The Guardian, Süddeutsche Zeitung, Ruhr-University Bochum dan perusahaan cybersecurity Jerman Cure53. Mereka menyatakan aplikasi itu dirancang untuk mengunggah informasi seperti email ke server di kantor perbatasan.

Pihak berwenang China dihubungi untuk memberikan komentar tetapi tidak ada jawaban pada saat publikasi.

Sebelumnya pemerintah China telah mempertahankan pengawasan canggih terhadap warga di Xinjiang, dengan mengatakan pihaknya telah meningkatkan keamanan di wilayah tersebut .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *