Penyebab Anjloknya KRL Bogor

Penyebab KRL Anjlok

Milenianews.com, Bogor – Kereta merupakan moda raya transportasi yang punya jalur khusus sendiri. Meski demikian, tidak membuat keretaterbebas dari kecelakaan.

Seperti kejadian pada Minggu (10/03) kemarin, Kereta Rel Listrik (KRL)jurusan Jakarta – Bogor  anjlok dari jalurnya di daerah Kebon Pedes, Bogor.

Baca Juga : Ada WNI Yang Jadi Korban Kecelakaan Ethiopian Airlines

Tiga dari delapan gerbong KRL tersebut anjlok. 19 penumpang dilaporkan terluka atas kejadian itu. Vice President komunikasi PT KCI, Eva Chairunisa anjloknya kereta tersebut disebabkan dua faktor, faktor Internal dan eksternal. 

Anjloknya Kereta Terjadi Karena Dua Faktor

“Berdasarkan pengalaman atau peristiwa yang pernah terjadi sebelumnya, kecelakaan kereta bisa terjadi karena dua faktor, yaitu Internal dan Eksternal,” ujarnya.

Menurutnya, faktor internal bisa terjadi karena human error atau gangguan jaringan aliran listrik. Sedangkan faktor eksternal, ujarnya seperti terjadi bencana alam atau orang yang sengaja menyabotase perjalanan kereta. Misalnya dengan menaruh balok atau penghalang pada rel.

“Namun itu masih berupan dugaan umum,” ujarnya. Perlu investigasi lebih mendalam untuk memastikan penyebab anjloknya kereta.

Beberapa Penyebab Kereta Anjlok

Dari informasi yang telah dirangkum tim milenianews.com  berikut beberapa penyebab anjloknya kereta.

  • Kegagalan mekanik utama pada komponen rel. Seperti rel yang rusak ataupun rel melebar
  • Kegagalan mekanik utama pada komponen gigi roda kereta. Misalnya kegagalan kotak gandar dan juga kerusakan roda
  • Kesalahan pada geometri komponen rel atau gigi roda yang mengakibatkan kegagalan kuasistatis saat kereta berjalan. Misalnya jalur menanjak karena penggunaan roda atau rel yang berlebihan ataupun adanya rel yang terlepas
  • Efek dinamis akibat interaksi antara rel dengan kereta. Misalnya osilasi ekstrem, pemantulan vertikal, pergeseran rel, dan kecepatan kereta yang berlebihan.
  • Pengoperasian kereta yang tidak tepat atau kesalahan sinyal
  • Penanganan kereta yang tidak sesuai. Misalnya kereta anjlok karena gaya traksi atau adanya pengereman mendadak.

Hal tersebut merupakan faktor yang kemungkinan besar penyebab anjloknya kereta dari rel. Meski keamanan kita terjamin saat berada dalam transportasi umum, namun tetap saja musibah yang akan menimpa kita tidak bisa terelakan. 

Selalu berdoa saat mau bepergian, juga jangan lupakan aturan-aturan yang harus dipatuhi dalam transportasi umum. (Ikok) 

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *