Pemerintah Harus Segera Petakan Pendidikn Vokasi

Pendidikan Vokasi

Milenianews.com, Jakarta – Melalui Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, pemerintah harus menyempurnakan peta pendidikan vokasi untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurutnya, percepatan peningkatan kompetensi SDM bisa melalui pendidikan dan pelatihan vokasi. “Kita terus melakukan konsolidasi dan pemetaan dalam rangka percepatan kompetensi keahlian SDM melalui pendidikan dan pelatihan vokasi.” Ujarnya seusai rapat tentang pendidikan vokasi di Jakarta, Selasa (15/1).

Baca Juga : Mendikbud Akan Ganti SMK Dengan BLUD

Peta Jalan Pendidikan Vokasi Siapkan Tenaga Kerja Ahli

Pendidikan Vokasi

Jelasnya, peta pendidikan vokasi sangat dibutuhkan untuk menyiapkn tenaga kerja ahli sesuai dengan kebutuhan indutri. Jangan sampai didikan pendidikan vokasi tidak terpakai keahliannya di dunia kerja, karena program studi atau kejuruannya.

“Jangan sampai misalnya kita didik tapi tidak terpakai di dunia kerja.” Lanjutnya.

Masih Ukur Kekuatan Kementrian dan Lembaga

Pendidikan Vokasi

Hal ini, juga sejalan dengan penyesuaian kembali kurikulum program studi atau kejuruan dengan perkembangan zaman. Hanif juga mengungkapkan memilih keunggulan dan kekuatan dari masing-masing kementrian/lembaga untuk pendidikan maupun pelatihan vokasi.

Baca Juga : Mahasiswa Harus Memiliki Jiwa Sosial Yang Tinggi, Tanpa Disuruh

Kendati demikian, Hanif tidak menyebutkan waktu penerbitan pemetaan pendidikan dan pelatihan vokasi untuk menghadapi era revolusi 4.0

“Kita juga masih memetakan kekuatan masing-masing kementrian/lembaga untuk pendidikan dan pelatihan vokasional. Termasuk sektor prioritas dan sektor unggulan dari sisi kewilayahan.” Tutupnya. (Ikok)

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *