IPB University Dipercaya Menjadi Koordinator SUIJI Consortium 2024

IPB University Dipercaya Menjadi Koordinator SUIJI Consortium 2024. Tampak Rektor IPB University, Prof. Dr. Arif Satria  (kedua dari kanan). (Foto: Dok IPB)

Milenianews.com, Matsuyama– Pada bulan Februari 2024, SUIJI Consortium merayakan 10th Anniversary dengan menyelenggarakan International Seminar yang diadakan di Matsuyama, Ehime Prefecture,  Jepang. Acara itu dihadiri oleh para rektor keenam perguruan tinggi,  yaitu Prof. Arif Satria (IPB University), Prof.  Ova Emilia (Universitas Gadjah Mada/UGM), Prof.  Jamaluddin Jompa (Universitas Hasanuddin/Unhas), Prof.  Hiroshige Nishina (Ehime University), Prof.  Katsutoshi Sakurai (Koichi University) dan Prof.  Ueda Natsuo (Kagawa University).

Acara ini juga dihadiri langsung dan didukung oleh John Tjahjanto Boestami, Konsul Jenderal Republik Indonesia Osaka. Lebih dari 100 peneliti dari kedua negara menghadiri acara ini secara hybrid dan mempresentasikan berbagai hasil penelitiannya di bidang pertanian berkelanjutan dan conservation biological resources dalam arti luas yang berkontribusi lingkungan global.

SUIJI (Six University Initiative Japan – Indonesia) merupakan konsorsium enam perguruan tinggi dari Indonesia, yaitu IPB University, Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Hasanuddin (Unhas), serta tiga perguruan tinggi dari Jepang yaitu Ehime University, Kochi University dan Kagawa University.

Program unggulan SUIJI adalah “Six-University Coordinative Service Learning Program at the Rural Communities in Japan and Indonesia”. Program ini bertujuan untuk melatih mahasiswa program sarjana kedua negara untuk menjadi pemimpin yang dekat dengan masyarakat, memiliki pola pikir global, berkontribusi terhadap keberlanjutan pembangunan masa depan dengan mendukung masyarakat pedesaan yang berperan penting dalam industri.

Prof.  Arif Satria, rektor IPB University mengatakan, sejak tahun 2012 sampai 2023, sebanyak 336 mahasiswa program sarjana Indonesia mengikuti kegiatan Service Learning Program (SLP) di Jepang dan 405 mahasiswa Jepang mengikuti kegiatan SLP di Indonesia. “Tercatat juga 108 mahasiswa program master dan delapan  mahasiswa program doktor baik dari Indonesia dan Jepang telah menyelesaikan studinya melalui program consortium SUIJI,“  ujar Prof. Arif Satria dalam rilis yang diterima Milenianews.com, Kamis (8/2/2024).

Pada pertemuan ini juga Prof Arif Satria dipercaya menjadi Koordinator SUIJI Consortium untuk tahun 2024. “IPB University akan menjadi koordinator untuk berbagai kegiatan SUIJI seperti joint research, joint program Master/Doctor dan service learning program,” ujarnya.

Baca Juga : Rektor IPB University Raih Penghargaan Sebagai Tokoh Pemberdayaan dari Rumah Zakat

IPB University, lanjutnya, juga mencanangkan dua program social innovation yaitu Agribusiness Techno Park (ATP) dan One Village One CEO (OVOC) sebagai model untuk service learning program.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University, Prof.  Deni Noviana pada SUIJI seminar tersebut menyampaikan,  “ATP dan OVOC telah terbukti berhasil sehingga diharapkan memberikan model yang sangat baik untuk memperkaya SLP SUIJI.”

Disebutnya, pada awal Maret 2024 mendatang, delapan  orang mahasiswa Jepang dan 24 orang mahasiswa IPB University akan kembali berpartisipasi dalam SUIJI SLP yang akan dilaksanakan di desa Lingkar Agribusiness Techno Park (ATP) Pasir Sarongge, Cianjur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *