Ingin Jadi Data Scientist? Berikut Tren Data Science di 2022

Berikut Tren Data Science di 2022

Milenianews.com – Data science merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang manfaat data yang tertimbun begitu banyak, baik yang terstruktur ataupun tidak. Timbunan data ini, akan digunakan sebagai rujukan dalam pengambilan keputusan. Di tahun 2022 ini, Tren Data Science masih akan terus ramai.

Tren data science juga dapat menentukan arah bisnis masa depan. Sehingga saat ini bidang ilmu ini sangat menjadi perhatian di dunia bisnis. Bahkan sudah banyak tren yang berkembang terkait Data Science ini. 

Baca Juga : 7 Skill ini Wajib Data Scientist Kuasai

Berikut Tren Data Science di 2022

Small Data

Kumpulan data dengan format yang lebih kecil, sering kita sebut sebagai small data. Akan tetapi, sekumpulan data kecil ini tetap mudah untuk pengguna akses dan proses. Sehingga tetap dapat memberi informasi terkait solusi atas suatu permasalahan. Small data ini menjadi tren karena mudah untuk peneliti gunakan, sebab terdiri dari potongan data dalam ukuran kecil.

TinyML

Memiliki tenaga yang lebih hemat, TinyML masih termasuk dalam machine learning yang memiliki biaya lebih murah. Selain itu, ini juga dapat bekerja tanpa koneksi internet. TinyML sendiri merupakan kolaborasi antara sistem tertanam dengan konsumsi daya yang rendah.

Selain itu, teknologi perangkat lunak ini mampu menghidupkan miliaran perangkat. TinyML dapat berguna untuk menganalisis data sensor pada perangkat dengan konsumsi daya yang sangat rendah. Berkat pengembangan TinyML lebih lanjut, model-model ini dapat berjalan pada perangkat keras mikrokontroler yang ada. 

Baca Juga : Kuliah di Jurusan Data Science, Berikut Prospek Karir Lulusannya 

Pengalaman Pelanggan Berbasis data

Bisnis e-commerce, memiliki manfaat yang cukup kuat. Punya pengalaman belanja secara online, tentu menyenangkan dan begitu memudahkan bagi pelanggan. Dengan mengumpulkan data-data review dan testimoni dari para pelanggan, tentu memiliki manfaat dalam menemukan metode dan strategi baru dalam berbisnis. Tren ini akan terus menjadi fokus bagi para data scientist di beberapa tahun mendatang.

Konvergensi

Transformasi digital kini semakin nyata, penggunaan miliaran data yang tertimbun, menjadi bahan bakar dalam pengolahannya. Teknologi berinovasi untuk menemukan solusi-solusi terbaik bagi setiap permasalahan. Algoritma artificial intelligence, memungkinkan perangkat internet of things (IoT) memainkan peran yang penting dalam hal ini.

AutoML

Automated Machine Learning (AutoML) menjadi hal yang cukup menarik di tahun 2022. Data scientist menghabiskan waktu untuk pembersihan dan persiapan data, tugasnya memerlukan keterampilan data yang seringkali perlu kajian secara berulang.

AutoML pada dasarnya dapat membuat tugas-tugas selesai dengan otomatis. Lewat interface yang sederhana dan ramah bagi pengguna, AutoML pada machine learning sangat banyak peminatnya. Sehingga para pengguna dapat lebih cepat dalam memecahkan permasalahan atau menguji ide-ide inovasi terbaru.

Untuk sobat milenia yang tertarik dengan profesi Data Scientist memang memiliki masa depan yang menarik. Pasalnya Data science memang kini kian menjadi tren dan cukup menarik. Banyak perusahaan mulai menggunakan miliaran data sebagai informasi dalam memecahkan permasalahan. Sobat milenia wajib belajar dan perlu mengetahui bidang data science ini karena tren ini akan terus berlanjut hingga beberapa tahun kedepan. 

Baca Juga : 5 Kampus Dengan Jurusan Data Science

Bagaimana Bisa Belajar Data Science?

Saat ini, berdasarkan tren data science 2022 ini menjadikan banyak berbagai pelatihan, seminar, dan workshop terkait ini. Bahkan perguruan tinggi yang secara konsentrasi menyediakan tempat untuk menekuni bidang ilmu satu ini.

Salah satu jurusan yang mempelajari tentang Data Science adalah jurusan Sains Data. Perguruan tinggi yang telah membuka jurusan Sains Data yakni Universitas Nusa Mandiri (UNM).

Tati Mardiana, selaku ketua program studi (kaprodi) Sains Data UNM mengatakan, prodi (program studi) Sains Data akan mengajak generasi muda untuk menekuni dan mempelajari bidang data science. Data Science masih akan menjadi tren di 2022 dan dengan belajar bisa jadi bekal menjawab segala tantangan yang ada di era ini.

“Sinergi dengan visi yang ada, prodi Sains Data UNM dengan jenjang pendidikan Sarjana akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berinovasi, di bidang teknologi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan dunia industri,” katanya dalam rilis yang MileniaNews terima, Selasa (10/5).

Baca Juga : 5 Profesi Paling Dicari di Era Metaverse

Menurutnya, saat ini profesi data scientist banyak menjadi incaran perusahaan besar dalam dan luar negeri. Maka, sudah selayaknya perguruan tinggi membina dan mendidik mahasiswa/i untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Inilah kesempatannya, mahasiswa sebagai generasi muda, harus terus berinovasi dan mengikuti tren agar kompetensinya mampu terserap di dunia kerja dan dunia industri,” tutupnya.

Sebagai informasi, UNM telah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk perkuliahan periode September 2022. Untuk daftar di UNM, bisa melalui 2 cara, pertama melalui aplikasi MyNusa PMB atau melalui laman pmb.nusamandiri.ac.id.

Tambahan nih untuk sobat milenia, di UNM kalian bisa cicil biaya kuliahnya perbulan, melalui aplikasi Danacita. Sekarang, tinggal maunya aja untuk kuliah dan belajar, segala kemudahannya sudah tersedia di UNM. UMF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *