5 Profesi Paling Dicari di Era Metaverse

Profesi di era metaverse

Milenianews.com – Jadi perbincangan hangat, era metaverse digadang-gadang menjadi era masa depan yang baru.

Metaverse merupakan langkah revolusioner di bidang teknologi, yangmampu menggabungkan teknologi internet dan media sosial, hadir dalam kehidupan masyarakat.

Baca Juga : Elon Musk Tawarkan Neuralink, yang Lebih Hebat dari Metaverse

Metaverse, dapat mengubah cara pengguna terhubung ke dunia maya.

Konsep metaverse ini, akan menjadi masa depan dunia internet dengan virtual 3D yang bisa dimasuki oleh manusia. Menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality.

Untuk menyongsong era metaverse, perlu sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni di bidang teknologi lebih lanjut ini.

Generasi muda wajib memiliki ilmu pengetahuan, serta keahlian di bidang teknologi virtual ini.

Demi menjawab tantangan dan mampu hidup berdampingan dengan zaman yang berkembang cukup pesat.

Berikut 5 profesi yang akan dicari dan paling dibutuhkan di era metaverse:

1. Cyber Security

Di era yang serba digital, tentu yang paling dibutuhkan adalah tenaga ahli di bidang keamanan digital.

Profesi ini memiliki tanggung jawab dalam mengatur strategi dan memblokir serangan dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab secara realtime.

Lebih jauh lagi, profesi keamanan digital ini, dapat menetapkan undang-undang dan protokol yang aman di era metaverse.

Jika generasi muda tertarik untuk terjun dan ambil peran di dunia keamanan digital, maka dapat mengambil jurusan kuliah yang berhubungan dengan keamanan digital dan hukum teknologi informasi.

Salah satu kampus di Indonesia yang sudah menyediakan jurusan ini yakni ITB (Institute Teknologi Bandung).

2. Contruction Engineering

Profesi ini dibutuhkan di era metaverse untuk merancang dan membangun suatu bangunan layaknya di dunia nyata.

Selain itu, profesi ini juga bertanggung jawab dalam menyusun pola dunia metaverse, dimulai dari desain, bentuk, konstruksi dan penyelesainnya. Ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan bagi para designer dan engineers.

Generasi muda yang minat di bidang inipun tak perlu khawatir, karena dapat menekuninya, di jurusan desain grafis, visual communication design dan 3D design atau animasi.

Untuk kampus yang sudah menyediakan jurusan ini, salah satunya yakni Universitas Pelita Harapan.

3. Metaverse Planner

Metaverse planner, bertugas menyusun strategi dan fungsi serta cara penggunaannya, lalu mengiimplementasikan di dunia virtual.

Profesi ini juga akan merancang dan menetapkan hak-hak juga kewajiban, yang harus dilakukan di dunia digital.

Bagi generasi muda yang tertarik di bidang ini, silakan mencari jurusan kuliah yang sesuai.

Kamu dapat memilih jurusan kuliah software engineering, bisnis digital, marketing digital, digital entrepreneurship dan e-business.

Pilihan jurusan bisnis digital bisa menjadi referensi bagi generasi muda yang ingin konsen di bidang ini, dan dapat memilih Universitas Nusa Mandiri (UNM) sebagai salah satu kampus yang menyediakan jurusan tersebut.

4. Metaverse Storyteller

Tugas dari seorang metaverse storyteller yakni merancang pencarian mendalam bagi pengguna, merencanakan skenario bagi pengguna untuk menjelajah metaverse, skenario pelatihan, peluang pemasaran dalam bentuk narasi untuk perusahaan dan lain sebagainya.

Konsep metaverse ini memerlukan pengalaman yang realistis, agar dapat dengan mudah membuat rancangan juga rencana skenario bagi pengguna metaverse.

Generasi muda yang tertarik di bidang ini, dapat mengambil jurusan literature, english language. Salah satu kampus yang sudah menyediakan jurusan ini yakni Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Di kampus ini, sudah tersedia jurusan Bahasa Inggris dengan jenjang Sarjana.

5. Fashion Designers Virtual Reality

Bidang profesi ini bertugas mendesign avatar-avatar yang digunakan untuk mewakili pengguna dunia metaverse. Profesi fashion designers virtual reality, dianggap mampu mengembangkan pakaian dan aksesoris unik untuk para avatar pengguna di metaverse.

Tertarik di bidang ini, generasi muda dapat memilih jurusan virtual reality dan fashion design. Kampus yang bisa dipilih salah satunya yakni Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Baca Juga : 5 Kampus Dengan Jurusan Data Science

Ayo generasi muda, tetap berproses dan semangat untuk menaklukan dunia. Sebab, generasi mudalah yang menjadi pioner kemajuan bangsa. Hanya dengan generasi muda yang aktif, inovatif dan revolusioner, bangsa ini akan menjadi bangsa yang maju.(Umi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *