Heboh! Risa Santoso menjadi Rektor Termuda di Indonesia

Risa Santoso Rektor Termuda

Milenianews.com, Jakarta – Wanita berumur 27 tahun, menjadi Rektor termuda di Indonesia. Risa Santoso, resmi menjabat sebagai rektor di Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Asia Malang sejak dilantik pada 2 Nopember 2019.

Awal tahun 2019, pada Februari tepatnya, Riki Saputra diangkat menjadi rektor termuda dengan usia 36 tahun di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB). Sekarang Risa mengalahkan catatan tersebut.

Baca Juga : Mahasiswa UBSI Pontianak ‘Runner Up’ Badminton Open Tournament

Risa Santoso lahir pada 27 Oktober 1992. Ia lulusan di University of California, AS untuk S1, jurusan Ekonomi. Dan S2-nya di Harvard University jurusan Pendidikan melalui beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). “Saya merasa terhormat, jadi rektor lumayan muda,” katanya dikutip Kumparan, Rabu (6/11).

Pernah Kerja di Kantor Staff Presiden

Ia akan membuat sejumlah program yang lebih spesifik, sebagai rektor muda. “Jadi nanti anak-anak tahu, setelah lulus mereka mau ngapain. Selain itu yang kecil-kecil, salah satunya menambah kecepatan wifi di kampus,” paparnya.

Risa sebelumnya pernah bekerja di Kantor Staff Presiden sebagai tenaga Ahli Muda. Bahkan ia, merupakan inisiator dari ASIA Enterpreneurship Training Program (AETP). Program tersebut merupakan program akselerasi kerjasama Swiss dengan Indonesia. Ia juga inisiator ASIA Hackaton dan program magang luar negeri.

Alasan Terpilih jadi Rektor

Dilansir Tribun Suarabaya Rabu (6/11), sebelum jadi rektor, ia menjabat sebagai Direktur Pengembangan Bisnis di Kampus Asia. Risa menuturkan terpilihnya menjadi rektor karena kampus mempunyai visi dalam pengembangan pendidikan ekonomi berbasis digital.

Latar belakangnya dinilai yang paling cocok dengan visi tersebut. “Kalau yang pastinya mungkin bisa tanya pihak yayasan ya. Tapi yang jelas saya pernah menduduki beberapa pos dan membuat beberapa program,”  jelasnya.

Baca Juga : Perusahaan Indonesia dan BUMN Berburu Mahasiswa Indonesia di ICE London

Selain itu, fokusnya akan menjadikan ITB Asia Malang sebagai kampus yang akan mendekatkan mahasiswa dengan dunia kerja. Risa Santoso menjadi viral dan heboh setelah menjadi trending topik di Twitter dan menyebar ke platform sosial media lainnya. (Ikok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *