Dosen UBSI Beri Pelatihan Desain Grafis untuk Pemuda Karang Taruna Ragunan

Dosen UBSI Pengabdian Masyarakat

Milenianews.com, Jakarta – Dosen Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) bersama mahasiswa menyelenggarakan pelatihan desain grafis.

Kegiatan tersebut bertajuk Pengabdian Masyarakat (PM)  yang diselenggarakan di Universitas Nusa Mandiri Warung Jati, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (02/11).

Kegiatan dihadiri puluhan anggota karang taruna Ragunan. Umi Faddillah, ketua tim PM mengatakan, terselenggaranya kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas anggota karang taruna Ragunan. Terutama di era digitalisasi ini.

Baca Juga : Pengabdian Masyarakat : UBSI Tasikmalaya Adakan Pelatihan dan Sembako Murah

Perlunya Desain Grafis

Sementara, pelatihan yang diambil mengenai desain grafis. Menurutnya, tema tersebut sesuai dengan yang sedang digemari di kalangan generasi muda.

“Antusiasme anggota karang taruna sangat tinggi pada kegiatan ini, karena pelatihan membuat desain grafis dengan tema yang diambil adalah ucapan untuk memperingati Hari Pahlawan. Selain itu, pelatihan ini nantinya bisa digunakan sebagai bekaluntuk melatih kemampuan desain grafis anggota karang taruna,” kata Umi.

Sedangkan yang menjadi tutor yakni, Muhammad Ifan selaku Dosen FTI UBSI dan pegiat desain grafis. Ia memberikan materi yang berfokus pada peningkatan teknik keterampilan Photoshop CS6. Bahkan, menurut Ifan, dengan kemampuan desain grafis mereka bisa menciptakan peluang usaha.

“Tujuan dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk membekali anggota Karang Taruna Ragunan dengan skill grafis yang mumpuni di era digital saat ini. Serta bisa menciptakan peluang usaha apabila menekuninya dengan serius,” tegasnya.

“Jika mereka sudah menguasai desain grafis, nanti bisa membuat pamflet, desain logo, spanduk, pin. Itu bisa memiliki nilai jual,” paparnya.

Praktik Membuat Gantungan Kunci

Dosen UBSI Pengabdian Masyarakat
Foto : Arina/MN

Pengabdian Masyarakat, menjadi salah satu kewajiban tenaga pengajar di lingkungan perguruan tinggi. Diharapkan, dengan terselenggaranya PM ini, bisa memberi sumbangsih kapada masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan langkah nyata akademisi dalam memberikan sumbangsih kepada masyarakat,” ujar Umi.

Tak hanya pelatihan Desain Grafis, tim dosen FTI UBSI Pengabdian Masyarakat juga memberikan praktik pembuatan gantungan kunci serta pin dari desain grafis yang telah dibuat.

Ketua karang taruna Ragunan, Indah mengungkapkan, pihaknya sangat senang dan berterima kasih kepada UBSI. Khususnya dosen-dosen yang telah memberikan pelatihan desain grafis pada kegiatan ini.

Baca Juga : Tim PKM Universitas Nusa Mandiri Lolos dan Dapat Dana Hibah dari Dikti

“Pemaparan yang diberikan detail setiap langkahnya dan tema desain yang dibuatpun menarik dan sesuai dengan hari besar yang akan diperingati di Indonesia yakni hari sumpah pemuda.”

Tim Dosen FTI UBSI diketuai Umi Faddillah, serta Muhammad Ifan Rifani Ihsan selaku tutor pelatihan Desain Grafis, dan dibantu beberapa anggota antara lain Ahmad Fachrurozi, Arief Rama Sena, Arina Selawati juga mahasiswi UBSI, Bhella Chintya Ayunie. (Ikok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *