News  

Sinar Mas Land Peduli Lingkungan Lewat Reverse Vending Machine

Sinar Mas Land Peduli Lingkungan

Milenianews.com, Jakarta – Dalam melaksanakan program peduli lingkungan, Sinar Mas Land melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay. Dalam kerja sama ini, LLV memberi akses bagi Plasticpay untuk menempatkan Reverse Vending Machine (RVM), sebuah mesin otomatis yang dapat menerima sampah plastik dari publik. Penempatan mesin pertama yaitu di The Breeze BSD City, pada Kamis (18/4).

Melalui RVM, masyarakat bisa mengumpulkan sampah botol plastik dan akan memperoleh poin. Nantinya, poin yang terkumpul bisa diubah menjadi uang elektronik, seperti GoPay, OVO, Dana, LinkAja, InaCash. Selain itu, juga bisa menjadi poin rewards di aplikasi OneSmile.

Baca juga: Coca-Cola dan CGV Daur Ulang Botol Bekas Lewat Coca-Cola Reborn Area

Sinar Mas Land peduli lingkungan

Menurut Dony Martadisata selaku Managing Director President Office Sinar Mas Land, kegiatan ini merupakan upaya Sinar Mas Land dalam mendukung keberlanjutan.

“Semoga gerakan bersama Plasticpay ini dapat mendorong masyarakat luas untuk turut berkontribusi dan menikmati insentif dalam pengelolaan sampah plastik,” ungkap Dony dalam rilis yang diterima MileniaNews, Selasa (23/4).

Plasticpay sendiri merupakan gerakan sosial berbasis platform digital. Mereka mengajak masyarakat agar lebih bijak dalam pengelolaan sampah. Cara pengolahan sampah plastik yang terkumpul yaitu akan terdaur ulang dan menghasilkan butiran Recycled Polyester Staple Fiber (“Re-PSF”). Menjadi bahan baku, bahan tersebut merupakan bahan utama bantal, boneka, tempat tidur, karpet, furniture, dan interior otomotif.

Sudah tersebar ke berbagai wilayah, terdapat 800 lebih unit RVM dan Dropbox. Wilayah penyebarannya, antara lain Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Banyuwangi hingga Bali.

Baca juga: Album Daur Ulang Taylor Swift ‘1989’ Sukses Melampaui Album Aslinya

Adapun lebih dari 31.300 orang telah berpartisipasi sebagai Agent of Change. Mereka telah berhasil menekan jejak karbon sebanyak 975.000.000 gram CO2 lebih dari pemanasan global. Tercatat sebanyak 9.900.000 lebih sampah botol plastik berhasil didaur ulang menjadi produk ramah lingkungan.

Pengolahan tersebut melibatkan sejumlah UMKM di Tanah Air. Tak kalah menarik, program pengumpulan poin tersebut mampu menghasilkan saldo E-Wallet dengan total senilai lebih dari Rp766.000.000,-.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *