News  

Ilmuwan China Ingin Buat Kapal Selam Supercepat Dengan Teknologi Laser

kapal selam china

Milenianews.com, Jakarta – Kapal selam telah lama dikenal sebagai pemburu yang diam di lautan dalam, bersembunyi tanpa terdeteksi di bawah permukaan air. Namun, seiring dengan kemajuan sistem sonar, mengurangi suara dari semua komponen di dalam kapal selam menjadi krusial untuk menghindari deteksinya, termasuk suara mekanikal dari baling-baling, generator, dan sistem pendingin reaktor nuklir yang membantu mendorong kapal selam maju.

Melansir dari BusinessInsider, sebuah tim insinyur di Universitas Harbin China melaporkan bahwa mereka telah mengambil langkah maju dalam pengembangan teknologi yang dapat membuat kapal selam hampir tidak terdengar dan sangat cepat. Mereka mengklaim telah menemukan cara menggunakan laser untuk mendorong kapal selam, sebuah konsep yang mereka sebut sebagai propulsi laser di bawah air.

Para ilmuwan tersebut mengemukakan bahwa kapal selam dapat dilapisi dengan serat optik kecil yang mengeluarkan pulsa laser. Pulsa laser ini kemudian akan menguapkan air laut dan menghasilkan plasma, yang kemudian akan melebar dan menciptakan gelombang detonasi yang akan mendorong kapal selam maju.

Baca juga: China Blokir Akun Influencer yang Menyebarkan Berita Bohong

Kapal selam akan gunakan teknologi laser yang bisa hasilkan kecepatan secepat jet

Menurut laporan South China Morning Post, sejumlah besar sinar laser bertenaga tinggi yang ditempatkan di sekitar kapal selam bisa menghasilkan dorongan hampir 70.000 newton dan akan mendorong kapal selam maju dengan kecepatan hampir sama cepatnya dengan jet komersial.

Para peneliti mengatakan bahwa teknologi ini tidak hanya akan memberikan kecepatan, tetapi juga meningkatkan kemampuan menyelinap. Penggunaan laser juga dapat memicu proses yang dikenal sebagai “supercavitation,” di mana lapisan gelembung membentuk di sekitar objek di dalam air, mengurangi hambatan gesekan dan membuatnya bergerak lebih cepat.

Meskipun demikian, ada beberapa tantangan yang harus diatasi sebelum teknologi ini dapat diterapkan pada kapal selam. Para peneliti mengakui bahwa masih ada banyak hal yang harus diselesaikan, termasuk mengendalikan arah gelombang detonasi plasma untuk mengarahkan kapal selam.

Baca juga: China dan Rusia Bersiap Dirikan PLTN di Bulan

Meskipun konsep propulsi laser di bawah air menarik, beberapa ahli skeptis terhadap klaim ini. Mereka mempertanyakan apakah laser dapat cukup kuat untuk menciptakan efek “gelembung” di sekitar torpedo atau kapal selam, serta efisiensi keseluruhan dari teknologi ini dibandingkan dengan propulsi konvensional.

Meskipun demikian, upaya untuk mengembangkan teknologi militer canggih seperti ini mencerminkan perlombaan yang sedang berlangsung antara negara-negara besar seperti Amerika Serikat dan Tiongkok. Meskipun demikian, tantangan teknis dan strategis yang terkait dengan implementasi teknologi seperti ini akan tetap menjadi fokus para ilmuwan dan insinyur di masa depan.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *