7 Alasan Kenapa Mulai Sekarang Kamu Harus Batasi Konsumsi Gula

Milenianews.com – Membatasi konsumsi gula nampaknya sudah harus kita lakukan sekarang juga. Seiring dengan perubahan gaya hidup modern dan mudahnya akses terhadap makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi, kekhawatiran terhadap dampak negatifnya bagi kesehatan semakin meningkat.

Kamu mungkin sering mendengar atau membaca tentang pentingnya membatasi konsumsi gula, tetapi apakah kamu tahu mengapa hal ini begitu krusial untuk kesehatan tubuhmu?

Baca juga : 5 Makanan ini Dapat Menurunkan Gula Darah

1. Mengontrol berat badan

Salah satu alasan utama untuk membatasi konsumsi gula adalah untuk mengontrol berat badanmu. Gula tambahan dalam makanan dan minuman sering kali berkontribusi pada penambahan kalori tanpa memberikan nutrisi yang cukup.

Kamu mungkin tidak menyadari seberapa banyak gula yang terkandung dalam minuman bersoda, permen, atau makanan ringan lainnya. Konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko obesitas.

Obesitas dapat menjadi pintu masuk bagi berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan masalah sendi.

2. Mencegah Diabetes tipe 2

Salah satu risiko besar dari konsumsi gula berlebih adalah pengembangan diabetes tipe 2. Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana hal ini terjadi. Gula yang terlalu banyak dalam diet dapat menyebabkan resistensi insulin, di mana sel-sel tubuh tidak merespons insulin dengan baik. Ini dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah, yang pada akhirnya dapat mengarah pada diabetes tipe 2. Dengan membatasi konsumsi gula, kamu membantu menjaga sensitivitas insulin dan juga mengurangi risiko terkena diabetes.

3. Menjaga kesehatan jantung

Konsumsi gula yang tinggi telah terkait erat dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Gula tambahan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, peradangan, dan kolesterol trigliserida tinggi. Semua faktor ini dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Dengan mengurangi konsumsi gula, kamu memberikan dukungan bagi kesehatan jantungmu. Ini bukan hanya tentang menghindari gula sederhana seperti sukrosa, tetapi juga memperhatikan gula tersembunyi dalam makanan olahan.

Baca juga : Peringati Hari Guru Nasional, Sekolah Islam Al-Iman Berikan Penghargaan Guru Teladan

4. Mengatasi energi yang tidak stabil

Mungkin kamu pernah merasakan lonjakan energi setelah mengonsumsi makanan atau minuman manis, hanya untuk merasakan penurunan energi yang mendalam setelahnya.

Inilah yang dikenal sebagai roller coaster gula dalam tubuhmu. Gula memberikan lonjakan energi singkat, tetapi segera diikuti oleh penurunan tajam yang dapat membuatmu merasa lelah dan lemas.

Dengan membatasi konsumsi gula, kamu dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil, memberikan energi yang lebih konsisten dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Melindungi kesehatan mental

Tidak hanya gula berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga dapat memengaruhi kesehatan mentalmu. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara diet tinggi gula dan peningkatan risiko gangguan suasana hati, seperti depresi dan kecemasan.

Konsumsi gula yang tinggi dapat memicu fluktuasi kadar gula darah yang dapat memengaruhi suasana hatimu secara keseluruhan. Dengan mengurangi gula, kamu juga memberi tubuhmu lebih banyak dukungan untuk menjaga kesehatan mental.

6. Mendukung kesehatan kulit

Kamu mungkin terkejut mengetahui bahwa konsumsi gula juga dapat memengaruhi kesehatan kulitmu. Gula dapat merusak kolagen, protein yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

Kehilangan kolagen dapat menyebabkan keriput dan penuaan dini. Dengan membatasi gula, kamu tidak hanya menjaga kesehatan internal tubuhmu, tetapi juga mendukung kulit yang sehat dan bercahaya.

7. Mengurangi risiko penyakit Fatty Liver

Penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) adalah kondisi di mana lemak menumpuk dalam sel hati tanpa konsumsi alkohol yang signifikan.

Baca juga : Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi gula fruktosa, yang sering ditemukan dalam sirup jagung tinggi fruktosa yang banyak digunakan dalam makanan olahan, telah terkait erat dengan peningkatan risiko NAFLD. Dengan meminimalkan konsumsi gula, kamu dapat membantu melindungi hatimu dari potensi kerusakan.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *