Budaya  

Ritual Unik, Makan Apel Menjelang Ujian Akhir Bisa Turunkan Stress

Buah Apel

Milenianews.com, Jakarta – Menjelang ujian akhir sekolah biasanya membuat siswa merasa stres. Khewatiran tidak mampu mengerjakan soal yang sulitdan tuntutan standar yang tinggi adalah penyebabnya. Beberapa tips dibawah akan membuat kita lebih mempersiapkan untuk ujian :

Hari Apel, Makan Apel Menjelang Ujian

 

ilustrasi

Dalam bahasa Mandarin, apel memiliki pengucapan ‘ping guo’, yang berarti keselamatan. Jadi hal ini dianggap bisa membawa murid-murid selamat dalam melewati ujian.

Melihat fenomena ini beberapa sekolah mempunyai cara tersendiri untuk mendukung dan membantu para siswa agar lebih rileks menghadapi ujian.

Ritual unik, makan apel menjelang ujian menjadi hal yang sangat menarik dan mampu membuat santai saat menghadapi ujian.  Makan apel  menjelang ujian juga konon bisa mendatangkan keberuntungan.

Berhasil Dengan Ikhtiar

Sukses ujian bukan semata hanya makan apel menjelang ujian, namun karena sebuah usaha dan ikhtiar yang baik disertai doa yang yakin kepada Sang Pencipta.

Ada baiknya memang saat menjelang ujian jangan bebani kepala dengan target-target yang tinggi apalagi disertai dengan memforsir diri belajar hingga larut malam.

Walhasil, esok harinya bukan kesegaran yang didapat, justru malah kantuk dan tidak bisa konsentrasi mengerjakan soal. Belajar jelang ujian memang dianjurkan, namun bukan berarti kebut semalam belajar.

SKS (Sistem Kebut Semalam)
ilustrasi

Bukan pol asks (sistem kebut semalam) belajar jelang ujian. Namun, belajar yang baik adalah dicicil, saat sudah punya agenda ujian jauh beberapa hari jelang ujian.

Mengapa demikian, karena tidak mungkin kita mampu menguasai setumpuk buku hanya dalam semalam saat jelang ujian.

Dengan seringnya kita membaca buku dan berlatih saat ujian, akan menjadi hafal dengan sendirinya, tanpa harus memaksa menghafal tiap kalimat buku. Rajin kupas tuntas soal-soal latihan juga mampu membantu melatih diri agar terbiasa menghadapi soal ujian.

Sistem kebut semalam menjadi kebiasaan yang buruk baik bagi kesehatan ataupun untuk uji kemampuan menghadapi soal-soal ujian. (nn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *