Budaya  

Hari Pancake Di Rusia

Festival musim semi di Rusia selalu diramaikan dengan hari pancake yang biasa disebut Maslenitsa. Hari pancake ini dimulai dari tanggal 24 Februari sampai dengan tanggal 2 Maret.

Makan Pancake

foto: ilustrasi pancake

Maslenitsa, perayaan yang berupa festival makan pancake hangat sepanjang hari selama festival berlangsung. Makan pancake ini dilakukan di setiap rumah tanpa memandang status, agama, atau usia. Setiap hari pancake dibuat dan dimakan oleh mereka. Pancake dibuat bundar tipis  keemasan menyimbolkan matahari. Pancake terbuat dari tepung soba dan ragi. Pancake yang dibuat tidak hanya dimakan bersama keluarga inti saja di rumah, namun juga ada tradisi saling memberi. Pancake diberikan kepada orang-orang terkasih, juga diberikan kepada orang miskin. Pancake juga dibuatkan khusus untuk para menantu baik laki-laki ataupun menantu perempuan sebagai bukti kasih sayang dan tanda cinta.

Baca juga: https://milenianews.com/2019/01/08/mappalanca-adu-betis-ungkapan-rasa-syukur/

Maslenitsa

foto: heritageflourbaking.com

Festival Maslenitsa merupakan perayaan tradisi pangan rakyat Rusia. Ini merupakan penanda berakhirnya musim dingin dan matahari bersinar lebih panjang. Bagi warga Rusia berakhirnya musim dingin perlu untuk dirayakan meski mereka juga sangat suka musim dingin. Maslenitsa merupakan festival tertua rakyat Rusia. Budaya ini juga merupakan festival masyarakat sekuler yang kembali dirayakan saat ini. Festival Maslenitsa sebuah tradisi yang amat menyenangkan dan penuh suka cita, banyak semangat baru hadir di festival ini. Ada banyak permainan, nyanyian, tarian, kereta luncur, perang bola salju dan jamuan makan minum. Dan biasanya hari terakhir di festival ini dibuat api unggun yang berasal dari pembakaran boneka berupa orang-orangan yang menandakan musim dingin berakhir. Kemudian semua orang akan saling bersalaman dan meminta maaf untuk menebus diri dari dosa-dosa sebelumnya.

Baca juga: https://milenianews.com/2019/01/07/tunis-jadi-kota-budaya-islam-2019/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *