7 Manfaat Mengonsumsi Cincau Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat mengonsumsi Cincau hitam

Milenianews.com – Cincau hitam merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dari hasil rebusan daun tanaman Mesona Palustris hingga menjadi jeli yang biasa kita temukan. Bukan hanya memiliki rasa yang khas, mengonsumsi cincau hitam ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia lho.

Penasaran manfaat apa saja yang bisa Sobat Milenia rasakan setelah mengonsumsi cincau hitam? Berikut beberapa manfaat yang bisa Sobat rasakan setelah mengonsumsi cincau hitam yang telah Mile lansir dari berbagai sumber:

Baca juga: Cegah Risiko Kanker, Berikut Daftar Makanan yang Wajib Dikonsumsi

Manfaat mengonsumsi cincau hitam

1. Menurunkan berat badan

Manfaat cincau yang pertama yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, cincau hanya mengandung sedikit kalori. Setiap 330 gram cincau mengandung 184 kalori dan total kalori ini hanya 9 persen dari kebutuhan kalori harian. Selain itu, cincau hitam juga kaya akan air dan serat, sehingga dapat membuat rasa kenyang lebih lama.

2. Mencegah sakit pencernaan

Termasuk dalam jenis tanaman Platostoma palustre, daun cincau memiliki kandungan gula yang dapat melawan bakteri penyebab sakit perut. Selain itu, cincau juga mampu mengoptimalkan fungsi pencernaan. Pasalnya, daun cincau juga mengandung vitamin A dan C yang dapat mencegah penyakit diare secara efektif.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ternyata, memakan cincau hitam juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Menurut penelitian tahun 2017 dalam Journal of Engineering and Science Research oleh Andrew Octavian Sasmita dan Anna Pick Kiong Ling dari International Medical University (IMU), manfaat kesehatan terbesar dari cincau hitam berasal dari sifat antioksidannya yang dapat melawan radikal bebas. Pasalnya, pada cincau hitam mengandung vitamin, mineral, dan senyawa aktif seperti flavonoid, polifenol, dan saponin.

4. Mengatasi sembelit

Karena kaya akan serat makanan, cincau hitam juga bagus untuk pencernaan. Hal ini dapat membantu mengatasi sembelit secara alami. Namun yang perlu menjadi catatan, minumlah cincau yang terbukti asli dan tanpa gula atau pemanis buatan.

5. Menurunkan demam

Cincau hitam ternyata juga bermanfaat dalam membantu menurunkan demam. Di China dan Taiwan, cincau hitam dijadikan sebagai obat turun menurun dalam menurunkan panas badan, obat sakit perut dan diare.

Baca juga: 7 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi untuk Penderita Kolesterol Tinggi

6. Menurunkan tekanan darah

Selain itu, menurut penelitian di Food and Public Health pada Maret 2013, cincau hitam dapat membantu menurunkan tekanan darah. Manfaat tersebut berasal dari daun janggelan (Mesona Palustris), yang merupakan bahan dasar cincau. Ada beberapa senyawa bioaktif juga di dalamnya yang berperan menjadi Angiotensin Receptor Blockers (ARB) yang membantu mempercepat pembentukan urine.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Dan yang terakhir dari Bioaktivitas dan Konstituen Kimia Tanaman Obat Indonesia oleh Sri Fatmawati, dkk, mengungkapkan bahwa liang teh cincau hitam membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal tersebut karena di dalamnya memiliki serat larut air. Dalam hal ini, zat antinutrisi berupa tanin bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol total.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *