6 Hal Ini Bisa Buat Kamu Berhenti Overthinking 

overthinking

Milenianews.comOverthinking adalah berpikir berlebihan dan terlalu khawatir yang bisa menjadi kebiasaan negatif dan dapat menyebabkan berbagai kecemasan nantinya. Memikirkan sesuatu secara berlebihan, entah itu opini tentang suatu situasi atau tindakan orang tertentu, dapat membuat kamu jadi ceroboh dan terkadang mencegah kamu dalam mengambil tindakan.

Kamu sebagai seorang Capricorn, pasti selalu merasakan hal tersebut dan bahkan membuat cerita dalam imajinasinya. Ada beberapa cara yang dapat kamu pelajari untuk berhenti overthinking.

Baca juga : Overthinking, Fenomena Baik atau Buruk??

Berikut 6 cara agar sobat milenia tidak mudah overthinking :

Ilustrasi Overthinking

1. Ubah perspektif

Ketika memutuskan sedang memikirkan sesuatu, tanyakan pada diri sendiri mengapa kamu memikirkannya. Terlalu banyak berpikir seringkali berasal dari rasa takut, terutama rasa takut membuat keputusan yang salah

Ingatlah bahwa terlalu banyak berpikir akan membuat kamu tidak bisa memilih pilihan yang tepat. Sebaliknya, hal tersebut karena banyaknya kekhawatiran yang dirasakan. Untuk mengatasi ketakutan tersebut, kamu harus melihat hal tersebut sebagai kesempatan untuk belajar dan menimba pengalaman.

2. Mulai mengambil tindakan

Pernahkah kamu mendengar  kelumpuhan analisis? Nah, kondisi ini terjadi karena seseorang tidak bisa mengambil keputusan karena terlalu banyak berpikir. Saat menganalisis sebuah situasi, kamu perlu tahu bahwa menganalisis situasi berulang kali hanya akan mencegah kamu dalam mengambil tindakan jika terlalu banyak berpikir.

Terlalu banyak berpikir seringkali berasal dari rasa takut, terutama rasa takut membuat keputusan yang salah.

3. Belajar untuk tidak memusingkan hal-hal kecil

Terlalu banyak berpikir dapat menyebabkan pikiran kamu penuh dengan hal-hal yang tidak terlalu penting yang seharusnya tak perlu dipikirkan. Saat kamu menganalisis sesuatu secara berlebihan, masalah kecil tampak jauh lebih besar daripada yang sebenarnya.

Saat kamu mencoba melihat gambaran besarnya, berhentilah memikirkan masalah kecil. Setelah kamu belajar untuk tidak memusingkan hal-hal kecil, kamu selangkah lebih dekat untuk mengatasi pemikiran berlebihan.

4. Berhentilah menunggu saat yang tepat

Ketika kamu terus-menerus memikirkan banyak hal, cenderung percaya bahwa akan selalu ada waktu yang tepat untuk segalanya. Tetapi sayangnya, cara berpikir seperti itu dapat menyebabkan penundaan dan stres yang signifikan.

Misalnya, jika kamu ingin memulai bisnis kecil-kecilan, mudah untuk memikirkan pertanyaan seperti bagaimana jika saya tidak punya cukup uang atau waktu untuk memulai bisnis.

Bagaimana jika saya tidak mendapatkan klien? Dapatkah saya benar-benar menjalankan bisnis saya? Jadi, ketahuilah bahwa pemikiran-pemikiran tersebut kemungkinan besar akan membuat kamu menyerah pada impian dan akhirnya tidak memulai bisnis.

5. Lakukan yang terbaik dan lupakan sisanya

Kamu mungkin merasa tidak aman dan tidak percaya diri tentang kemampuan untuk menanganinya. Mungkin kamu merasa bahwa kamu tidak cukup berdedikasi, cukup kaya atau cukup pintar untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Itu membuat kamu tidak mampu menghadapi masalah sendiri. Meskipun sebenarnya kamu sangat pandai dalam hal itu.

Fokuslah untuk melakukan yang terbaik dan jangan khawatir tentang apa yang terjadi selanjutnya, seringkali hasil dari usaha kamu bergantung pada faktor eksternal di luar kendali jadi lakukan yang terbaik dan lupakan sisanya.

6. Belajar menghentikan pikiran yang tidak penting

Orang yang overthinking cenderung memikirkan hal-hal yang tidak penting sambil memikirkan sesuatu yang penting. Jika kamu terlalu banyak berpikir, berhenti sejenak dan tanyakan pada diri sendiri apakah pikiran yang kamu pikirkan berhasil atau tidak.

Baca juga : Self Healing: Apa artinya? Berikut Cara Mengatasinya!

Misalnya, ketakutan akan mengalami kecelakaan saat mengendarai mobil sangat tidak signifikan setelah kamu belajar dan mampu sepenuhnya menghentikan pikiran yang tidak perlu. Fokuskan perhatian kamu pada apa yang sedang dilakukan dengan mengatakan pada diri sendiri untuk melepaskan pikiran-pikiran negatif, dan dapat fokus pada situasi yang sedang dihadapi.

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *