6 Manfaat Buah Tomat, Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker

Manfaat Buah Tomat
Ilustrasi: Manfaat Buah Tomat

Milenianews.com – Manfaat buah tomat ini masih jarang orang ketahui lho Sobat Mile. Buah yang memiliki warna merah ini ternyata sangat baik bila kita makan setiap hari. Banyaknya vitamin dan senyawa baik yang terkandung pada buah ini dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

Buah yang menjadi kegemaran banyak individu ini tepatnya mengandung vitamin C, vitamin A, kalium, folat, dan vitamin K. Di samping itu, tomat juga mengandung lebih banyak likopen daripada sayuran lainnya lho. Satu tomat berukuran sedang bisa mengandung sekitar 2-3 gram likopen.

Nah, agar tidak penasaran manfaat apa saja sih yang bisa kita dapat bagi kesehatan tubuh kita? Yuk simak bak-baik manfaat buah tomat bagi kesehatan tubuh, yang sudah Mile rangkum dari berbagai sumber di bawah ini.

Baca Juga : Self Diagnosis, Apakah Baik Untuk Kesehatan Mental?

Manfaat buah tomat bagi tubuh

1. Menurunkan berat badan

Tomat dapat membantu menurunkan berat badan loh. Tomat merupakan buah yang rendah kalori, karbohidrat, serta lemak, sehingga baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet. Kandungan serat dan nutrisi yang tinggi membuat Anda cepat kenyang.

2. Menurunkan dan mengontrol tekanan

Kandungan kalium di dalam tomat dapat mengurangi efek natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah. Jadi jika Anda mempunyai riwayat tekanan darah tinggi, konsumsilah tomat untuk mengontrol tekanan darah supaya tetap normal.

3. Manfaat tomat dalam menjaga kesehatan mata

Manfaat buah tomat selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Kandungan lutein, beta karoten, dan likopen pada tomat merupakan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan mata. 

4. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan likopen tomat dapat mencegah penurunan produksi kolagen dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C pada tomat berfungsi sebagai perangsang kolagen. Manfaat ini yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

5. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dan air pada tomat bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan. Serat diketahui dapat mengatasi saluran pencernaan dan mencegah sembelit.

6. Manfaat buah tomat dalam mencegah kanker

Penyakit kanker dapat dicegah dengan berbagai makanan dan buah. Salah satunya buah tomat. Likopen pada buah tomat dapat mencegah berbagai penyakit, terutama kanker.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Cuaca Tidak Menentu

Itu dia manfaat yang dapat kamu peroleh dari buah tomat. Meskipun manfaat tomat masih perlu penelitian lebih lanjut, tetapi kamu tidak perlu ragu untuk memakan buah tomat setiap hari.

Jika kamu ingin mengolah tomat menjadi jus, tomat apellah yang paling cocok karena rasanya yang manis. Namun, jika kamu ingin mengolah menjadi sebuah masakan, jangan terlalu lama memasaknya ya. Karena kandungan nutrisinya bisa larut jika kita masak terlalu lama. Selamat mencoba!!(Siva)

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom

Space Iklan Milenianews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *