Lindungi Data Pribadi Saat Bermedia Sosial, Lakukan 6 Langkah Sederhana Ini!

Milenianews.com – Melindungi data pribadi saat bermedia sosial menjadi sebuah keharusan untuk sobat milenia. Sobat milenia juga harus mewaspadai agar tidak terkena kejahatan siber. Seperti yang kita ketahui bersama, kasus pencurian data semakin marak terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini.

Penjahat siber dapat menyalahgunakan data pribadi yang mereka curi untuk keperluan pribadinya. Mulai dari melakukan penipuan, pembobolan kartu kredit, pencemaran nama baik, hingga menjual data tersebut untuk kepentingan marketing.

ADOP

Menyikapi hal tersebut, dalam laman Antara (11/8), perusahaan cyber security di Asia Pasifik, membagikan enam langkah sederhana yang bisa kalian terapkan untuk melindungi data pribadi saat bermedia sosial.

Baca Juga : Peretas Klaim Miliki Satu Miliar Data Warga Tiongkok

Berikut enam langkah sederhana melindungi data pribadi dari pembobolan dan pencurian data saat bermedia sosial yang telah mile rangkum untuk Sobat Milenia.

Langkah Sederhana Lindungi Data Pribadi

1. Membedakan penggunaan email (surat elektronik)

Langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk melindungi data pribadi saat bermedia sosial yakni dengan menggunakan satu alamat email untuk satu kegunaan. Karena, jika Sobat menggunakan satu email untuk semua kebutuhan seperti, layanan perbankan, transaksi, media sosial, subscription, dan lainnya ini akan sangat berbahaya.

Pasalnya, jika email itu terkena serangan, semua informasi yang ada di dalamnya bisa rentan tercuri. Untuk itu, gunakanlah alamat email untuk tujuan masing-masing. Contohnya dengan membedakan penggunaan alamat email transaksi dengan alamat email media sosial.

2. Mengganti kata sandi secara berkala

Dengan mengganti kata sandi secara berkala, akan membuat kata sandi jejaring sosial kita tidak mudah ditebak oleh penjahat siber. Dengan begitu data pribadi kita dapat terlindungi dari pencurian data. Langkah sederhana ini merupakan langkah yang cukup ampuh dalam menjaga data pribadi agar tidak mudah dicuri. 

Baca Juga : Saat ini, Milenial Cenderung Cari Info di TikTok, bukan di Google Search

3. Hindari tautan mencurigakan

Langkah sederhana lainnya yang bisa kita lakukan untuk melindungi data pribadi yakni dengan menghindari tautan mencurigakan saat bermedia sosial. Kita perlu mengecek ulang kebenarannya, jangan sembarang tergoda untuk mengklik tautan yang sebenarnya mencurigakan. Hal ini untuk menghindari serangan phising yang dapat meretas informasi seperti data akun dan data pribadi lainnya.

4. Gunakan fitur pengamanan aplikasi

Selanjutnya, kita bisa mengenali fitur-fitur pengamanan yang terdapat pada aplikasi dan memanfaatkannya. Di dalam sebuah aplikasi media sosial biasanya sudah tersedia fitur keamanan yang bisa kita gunakan dalam melindungi data pribadi.

Di antaranya Two Factor Authentication (2FA), One Time Password (OTP), End-to-end encryption, setelan privasi, peringatan masuk akun, dan lainnya. mengenali dan mengaktifkan fitur-fitur tersebut dapat menambah keamanan data pribadi saat kita bermedia sosial.

5. Berhati-hati saat menggunakan aplikasi Virtual Private Network (VPN)

Berhati-hati dalam memanfaatkan aplikasi VPN juga merupakan langkah sederhana lainnya yang bisa kita lakukan untuk melindungi data pribadi. Terutama saat menggunakan VPN tak berbayar, kemungkinan data-data pribadi yang ada di dalam perangkat kita dicuri oleh penjahat siber.

Selain itu, potensi infeksi malware juga bisa menyusupi VPN yang tidak berbayar. Oleh sebab itu, sebisa mungkin jika kita akan mengakses layanan jejaring sosial apalagi keuangan lebih baik tidak menggunakan VPN.

6. Jangan pernah membagikan informasi-informasi penting di media sosial.

Langkah sederhana yang terakhir dalam melindungi data pribadi yakni jangan sembarangan membagikan informasi penting di media sosial. Misalnya foto tiket atau paspor, foto bukti vaksinasi, foto KTP, hingga informasi terkait nomor ponsel pribadi.

Baca Juga : Bahaya yang Mengintai Data Kamu Jika Dicuri 

Nah, itulah enam langkah sederhana yang bisa Sobat lakukan untuk melindungi data pribadi saat bermedia sosial. Namun, bagi Sobat yang sudah terlanjur terkena serangan siber pembobolan akun media sosial, segera lakukan pergantian kata sandi.

Segeralah melakukan upaya permintaan pengubahan kata sandi kepada pihak aplikasi. Selain itu, sobat juga bisa langsung menghubung layanan bantuan dari platform tersebut agar dapat dibantu dalam pemulihan akses akun yang telah dicuri. Semoga bermanfaat!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here