Apple Akan Gunakan USB Tipe-C Mulai dari iPhone 15

Milenianews.com – iPhone 15 kabarnya akan hadir dengan port USB tipe-C. Kabar ini mencuat karena analis Apple yang terkenal, Ming-Chi Kuo, menyebarkannya. Port USB tipe-C akan menggantikan Lightning port ikonik yang sudah bertahun-tahun ada di iPhone untuk isi ulang daya dan transfer dokumen. 

Menurut laporan GSMArena (12/5), klaim Kuo berdasarkan pada survei terbarunya dengan pemasok. Kuo mengatakan iPhone baru akan membuang port Lightning demi port USB-C untuk meningkatkan kecepatan transfer dan pengisian daya iPhone. Namun, detail spesifikasi akhir akan bergantung pada dukungan iOS.

ADOP

Baca Juga : Bocoran iPhone 14, Banyak Perubahan Besar dari Versi Sebelumnya

Analis menyatakan pemasok Apple untuk USB tipe-C harapannya menjadi fokus pasar dalam dua-tiga tahun ke depan. Karena pesanan besar iPhone dan adopsi aksesori dari port USB-C.

Selain itu, ini juga sejalan dengan undang-undang baru EU yang mengharuskan pembuat ponsel cerdas untuk menghapus semua port pengisian daya eksklusif. Serta beralih ke USB tipe-C yang mereka anggap sebagai standar untuk pengisian daya dan transfer data.

Seperti kita ketahui, saat ini iPhone hadir dengan port Lightning.  Merek tersebut mengadopsi port USB-C untuk Mac pada 2015 dan iPad beralih dari Lightning ke USB-C pada 2018.

Baca Juga : Pengguna iPhone Keluhkan Masa Pakai Baterai Setelah Update iOS 15.4

Untuk itu, iPhone 15 dengan port USB tipe-C kemungkinan akan debut pada paruh kedua 2023.  Meski demikian, masih terlalu awal untuk kita membicarakan iPhone 15. Sebab, Apple masih harus bersiap untuk peluncuran iPhone 14 yang lebih dulu dalam antrian.

Apple iPhone 15 akan menjadi pembuka untuk ponsel iPhone yang menggunakan USB type-C karena perangkat sebelumnya masih menggunakan port lightning.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here