Simak, Ini Beberapa Buah yang Dikonsumsi Malam Hari Untuk Diet

buah untuk diet

Milenianews.com – Bagi sobat milenia yang sedang menjalani program diet, selain menjaga pola makan, juga harus mengetahui makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan di malam hari.

Makan buah sebagai camilan malam hari adalah pilihan yang baik saat diet untuk turunkan berat badan. Namun, sobat milenia harus mengetahui buah yang cocok dimakan malam hari.

Baca Juga : Saat Pandemi, Tren Kuliner Makanan Sehat Naik 32%

Setidaknya, makan buah dapat mengerem keinginan makan makanan tinggi kalori seperti keripik, mie instan, kue, es krim, atau kudapan manis lainnya.

Pada dasarnya, buah tergolong makanan yang mengandung padat nutrisi lebih banyak vitamin dan mineral dari kadar kalorinya. Sehingga dapat membantu mencegah makan berlebih di malam hari.

Selain itu, konsumsi makanan tinggi gula olahan, dapat mengganggu tidur karena dapat menyebabkan energi naik-turun dengan cepat. Dengan demikian, makan buah segar merupakan pilihan terbaik jika lapar di malam hari.

Berikut ini rekomendasi buah yang cocok dimakan malam hari saat diet:

  1. Pisang

Foto : Pisang

Buah Pisang adalah sumber makanan yang magnesium yang dapat membuat tubuh merasa lebih nyaman dan siap untuk tidur.

Penelitian menunjukkan bahwa, mencukupi kebutuhan magnesium setiap hari dapat mengurangi kadar kortisol yang dikenal sebagai hormon stres, merujuk Healthline.

Tidak hanya itu, kandungan serat dalam pisang meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Sehingga mengurangi keinginan ngemil di malam hari.

Pisang merupakan sumber magnesium yang baik. Magnesium dapat membuat tubuh merasa lebih nyaman dan siap untuk tidur.

Selain itu, kandungan serat dalam pisang meningkatkan rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan ngemil di malam hari.

  1. Goji berry

Foto : Gojy Berry

Untuk buah yang satu ini, mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya.

Namun, sobat milenia harus mengetahui bahwa buah yang berwarna merah semu ini kaya antioksidan seperti karotenoid yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Goji berry juga mengandung melatonin untuk mengundang rasa kantuk.

Penelitian menujukkan bahwa, 80 persen orang yang mengonsumsi goji berry mengalami peningkatan kualitas tidur. Lebih jauh, goji berry juga menjadi camilan sehat kaya nutrisi.

Sementara itu, pada 40 gram goji berry kering mengandung 150 kalori dan rendah glikemik. Anda bisa memakannya langsung atau dicampur sebagai topping sereal.

  1. Nanas

Foto : Nanas

Untuk buah yang satu ini, mungkin sobat milenia sudah banyak mengerti manfaat yang terdapat dalam buah nanas. Buah nanas bagus dimakan sebelum tidur selanjutnya adalah nanas.

Buah tropis ini mengandung tinggi melatonin. Artinya, mengonsumsi nanas secara teratur sebelum tidur dapat membantu tidur lebih cepat dan nyenyak.

Selain sebagai buah, nanas juga merupakan camilan yang enak dan rendah kalori. Nanas mengandung bromelain, yakni enzim proteolitik yang membantu memecah molekul protein dan lemak dalam tubuh.

Kandungan air yang tinggi pada buah nanas juga menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jika tubuh cukup terhidrasi maka menurunkan berat badan akan menjadi lebih mudah.

  1. Kiwi

Buah Kiwi Smoothies
Foto : Kiwi

Buah kiwi mengandung serat alami, tinggi vitamin C, antioksidan, dan kadar serotonin. Kesemuanya itu, dapat meningkatkan rasa kenyang sekaligus membantu meningkatkan kualitas tidur.

Jika Anda mengalami insomnia, bisa coba mengonsumsi 1-2 buah kiwi ukuran sedang setidaknya satu jam sebelum tidur.

Selain itu, kiwi bermanfaat baik bagi kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, dan menurunkan kadar kolesterol.

  1. Ceri

Foto : Ceri

Buah yang sering menjadi garnis pada kue tart ini, ternyata mengandung manfaat untuk diet dan kualitas tidur yang lebih baik.

Buah ceri memiliki kadar triptofan dan anthocyanin tinggi, yang membantu tubuh memproduksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur.

Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, makan ceri bisa jadi camilan buah yang tepat karena rendah kalori, gula, dan glikemik sehingga aman dari lonjakan gula darah.

Pada satu cangkir ceri sekitar 150 gram hanya mengandung kurang dari 100 kalori dan 3 gram serat, yang akan membuat perut merasa kenyang lebih lama.

  1. Stroberi

Foto : Stroberi

Stroberi merupakan buah rendah kalori, yang turut menyediakan serat dan vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan. Pada satu cangkir stroberi atau setara 166 gram, hanya mengandung 53 kalori.

Dengan nilai kalori itu, kamu dapat menikmati sampai 2 kali sajian untuk dimakan malam hari tanpa takut berat badan naik.

Stroberi juga kaya antioksidan yang dipercaya mampu mengurangi stres fisik yang dirasakan tubuh sehingga lebih rileks dan tidur makin nyenyak.

  1. Pepaya

Foto : Pepaya

Buah sepanjang musim ini, selain bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, juga efektif menurunkan berat badan.

Selain itu buah pepaya juga buah yang mengandung tinggi vitamin C yang punya peran ganda, yakni dibutuhkan dalam proses pembakaran lemak dan juga membantu meningkatkan produksi serotonin yang bisa mengurangi insomnia.

  1. Markisa

Foto : Markisa

Selain sering di ramu menjadi minuman, ternyata buah markisa meruapakan buah rendah kalori dan berserat tinggi yang dapat menurunkan tekanan darah dan sensitivitas insulin.

Buah ini juga ideal untuk menurunkan berat badan. Satu buah markisah seberat 18 gram diketahui hanya mengandung 17 kalori.

Sementara, kandungan serat yang tinggi membuat markisa dapat memperlambat pencernaan. Sehingga membantu sobat milenia merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, biji markisa disinyalir menyediakan piceatannol, zat yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Kandungan nutrisi itu jelas baik dikonsumsi bagi siapa saja yang ingin menurunkan berat badan. Untuk mendukung program diet, markisa paling baik dikonsumsi secara utuh.

  1. Jeruk

Foto : Jeruk

Selama ini, mungkin kita mengetahui buah jeruk selain rendah kalori, juga mengandung vitamin C tinggi dan serat.

Semua jenis jeruk, termasuk bahan makanan rendah kalori. Jadi buah ini baik dikonsumsi bagi kamu yang sedang diet.

Namun, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah jeruk, kamu tak bisa asal memakannya.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, makan jeruk lebih baik secara langsung, untuk mengurangi rasa lapar.

Baca Juga : 8 Tips Belanja Makanan Sehat Saat Pandemi

Maka dari itu, kamu yang sedang diet dianjurkan untuk tidak makan jeruk dengan cara diambil pulpy-nya saja atau malah dijus.

Itu dia beberapa ulasan mengenai buah yang baik dikonsumsi dimalam hari bagi sobat milenia yang sedang menjalani proses diaet. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi dan informasi yang bermanfaat bagi sobat milenia. Selamat mencoba ya sobat…!(Ana Ramadhayanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *