Beranda News Peneliti Keamanan Temukan Bug di iOS 15

Peneliti Keamanan Temukan Bug di iOS 15

Milenianews.com – Berbicara mengenai OS baru, kebanyakan orang tidak ingin langsung menggunakannya karena takut akan risiko bug. Hal ini terjadi di hampir semua OS, meski para pengembang pun selalu segera menggulirkan pembaruan untuk menambal bug tersebut. Benar saja, setelah iOS 15 rilis, peneliti keamanan menemukan bug dalam OS ini. 

OS terbaru milik Apple, yakni iOS 15 terdapat bug yang cukup serius. Bukan hanya bug biasa, para peneliti keamanan ternyata mendapati sebuah bug yang membuka pintu eksploitasi yang dapat membahayakan penggunanya.

Baca Juga : Hati-hati Pengguna iOS, Rentan Pencurian Kata Sandi 

- Advertisement -

Hal ini pertama kali ditemukan oleh peneliti keamanan anonim. Tapi, kemudian bug dan celah keamanan ini kemudian mendapatkan verifikasi dari founder @FlickType, Kosta Eleftheriou. Mereka mengungkap, bug ini sudah terdapat dari beberapa OS sebelumnya.

“Kami telah melaporkan empat kerentanan 0-hari tahun ini antara 10 Maret dan 4 Mei, sampai sekarang tiga di antaranya masih ada di versi iOS terbaru (15.0) dan satu diperbaiki di 14.7, tetapi Apple memutuskan untuk menutupinya dan tidak mencantumkannya di halaman konten keamanan,”  kata para peneliti, seperti mengutip dari laman Berisi.id (29/9).

- Advertisement -

“Ketika kami mengkonfrontasi mereka, mereka meminta maaf, meyakinkan kami bahwa itu terjadi karena masalah pemrosesan. Mereka berjanji untuk mencantumkannya di halaman konten keamanan pembaruan berikutnya. Ada tiga rilis sejak saat itu dan mereka selalu melanggar janji mereka” lanjutnya.

Baca Juga : Dua Peneliti Google Temukan Kerentanan Berbahaya di iOS

Kerentanan ini sedikit teknis tetapi dengan jelas bisa kita lihat di blog peneliti. Nah untuk sobat milenia yang penasaran untuk mempelajari lebih lanjut, kalian dapat mengunjungi situs ini. Sayangnya, perusahaan asal Cupertino tersebut belum menanggapi postingan tersebut.

Tetapi, mengingat bahwa eksploitasi ini telah banyak menjadi perbincangan di berbagai media, maka Apple mengambil tindakan. Setelah bug kerentanan ini muncul maka potensi kerentanan ini dapat peretas gunakan untuk eksploitasi. Apple akan melakukan pembaruan dalam waktu dekat.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Tom Holland Tanggapi Rumor Trilogi Spider-Man Baru

Milenianews.com - Spider-Man: No Way Home belum lama ini memiliki rumor jika Spider-Man masih akan berada di Universe MCU (Marvel Cinematic Universe). Kabarnya film...

Sendiri yang Ramai

Oleh : Miss Karhan Semua kusut tak dapat ku urai, Hanya air mata Menjelaskannya lewat derai Bibirku diam tanpa ucap, Batinku asik sendirian Bercakap cakap Riuh sekali pikiranku, Sedang aku...

Universitas Nusa Mandiri Sosialisasikan Pencegahan HIV/AIDS dengan Talkshow

Milenianews.com, Jakarta - Tanggal 1 Desember menjadi tanggal peringatan Hari AIDS Sedunia. Seiring dengan peringatan hari AIDS sedunia, Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengadakan talkshow...

Disney Anggarkan Rp437 triliun Untuk di Tahun 2022

Milenianews.com - Disney mengungkapkan rencana mereka untuk satu tahun 2022 dengan anggaran konten streaming menjadi USD33 miliar atau sekitar Rp473 triliun. Jika kita bandingkan dari anggaran...