Beranda Lifestyle 4 Alasan Siswa Memilih Gap Year Saat Melanjutkan Pendidikan

4 Alasan Siswa Memilih Gap Year Saat Melanjutkan Pendidikan

Milenianews.com – Tahukah sobat milenia apa itu Gap Year? Istilah ini menggambarkan siswa yang tidak langsung melanjutkan pendidikan formal, setelah lulus SMA/SMK sederajat. Banyak alasan yang mempengaruh para pelajar yang Gap Year, seperti ingin bekerja dulu, belum menemukan jurusan yang cocok untuk kuliah, atau kurangnya ekonomi untuk lanjut kuliah.

Akan tetapi, bukan berarti Gap year ini menjadi sebuah kegagalan atau menunda kesuksesan. Memutuskan pilihan ini juga bisa jadi keputusan terbaik buat kalian sobat milenia, dan sukses akan tetap bisa kalian raih.

Istilah gap year atau sabbatical year merupakan sebuah periode ketika seseorang memutuskan untuk rehat dari proses pendidikan formalnya. Baik itu masa sekolah ataupun memasuki masa kuliah.

- Advertisement -

Baca Juga : Galau Itu Wajib bagi Seorang Pemimpin

Konsep ini bermula dari tradisi pemuda Jerman sebelum perang dunia ke-1, mereka memutuskan untuk rehat dari sekolah, sebab berkeliling Eropa dulu sebagai proses pendewasaan dan pencarian jati diri. Akhirnya, konsep ini menyebar ke seluruh dunia, mulai dari Asia, Eropa, Amerika hingga ke Afrika.

- Advertisement -

Di Indonesia sendiri, masyarakat masih menganggap ketika memilih untuk gap year itu belum wajar, tapi sudah banyak juga yang memutuskan untuk gap year. Keputusan ini datang dengan berbagai alasan yang sangat bervariatif.

Ada banyak faktor yang mengharuskan siswa pada akhirnya mengambil gap year, antara lain:

1. Belum Menemukan Kampus dan Jurusan yang Cocok

Sebenarnya ini adalah masalah klasik, yang memang sering ditemui para siswa. Belum mampunya ia mengambil sebuah keputusan akibat kegalauan dalam memilih, bisa jadi pada akhirnya memutuskan untuk menunda pendidikannya. Padahal jika mereka dapat membaca situasi dan kondisi saat ini, bisa saja mereka memilih kampus dan jurusan yang sedang trend saat ini.

Kita ambil contoh saja, saat ini sedang trend teknologi digital, bisa saja mereka memilih kampus yang berbasis teknologi informasi atau teknologi digital. Seperti universitas-universitas ternama, banyak saat ini perguruan tinggi yang berbasis pengetahuannya teknologi.

Sebagai bahan pertimbangan bisa saja, mereka bisa memilih Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Telkom, Universitas Nusa Mandiri (UNM), dan masih banyak lagi kampus lainnya. Di kampus-kampus ini, juga sudah tersedia banyak pilihan jurusan dengan background ilmu pengetahuan di bidang teknologi, seperti ilmu komputer, bisnis digital, informatika, teknologi informasi, dan masih banyak lagi.

2. Memilih sekolah ke luar negeri

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China, peribahasa ini sering sekali didengar. Yang berarti mengajak generasi muda untuk tidak bermalas-malasan dan harus lebih giat dalam menuntut ilmu pengetahuan. Maka, diperbolehkan untuk memilih sekolah ke luar negeri, meski belum menjamin juga dengan sekolah atau kuliah di luar negeri punya masa depan yang bagus.

Karena semua kembali pada pribadi masing-masing. Jika di dalam negeri saja sudah banyak sekolah-sekolah atau kampus-kampus yang berkualitas, mengapa perlu mencari sekolah ke luar negeri. Apalagi saat ini sudah ada program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), dimana setiap perguruan tinggi memberi kebebasan mahasiswanya untuk mengikuti proses belajar di luar program studi dan kampusnya.

Sehingga, mahasiswa mendapatkan kebebasan kebebasan untuk memperluas wawasan ilmu pengetahuannya. Tidak hanya pada bidang ilmu yang telah mereka pilih.

Hampir semua perguruan tinggi di Indonesia telah mulai menerapkan MBKM ini, sehingga ada kemungkinan sekali mahasiswa dalam negeri, ikut belajar pula di luar negeri.

Contoh kampus yang sudah menerapkan MBKM yakni Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), dan masih banyak lainnya. 

Baca Juga : Beasiswa KJMU 2021 Batch 2 Telah Dibuka, Buruan Daftar, Kuliah Gratis Dapat Uang Saku

3. Finansial keluarga belum stabil

Masalah keuangan memang menjadi kendala yang sering terjadi saat seseorang memutuskan untuk memulai jenjang baru pendidikannya. Untuk mengatasi masalah ini, banyak perguruan tinggi yang menyediakan kesempatan luas pada semua generasi yang bertekad kuat untuk melanjutkan pendidikan.

Perguruan tinggi tersebut menyediakan berbagai macam beasiswa, seperti Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang menyediakan beasiswa digital talent. Ada juga Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang menyediakan beasiswa hebat, beasiswa transfer studi, dan masih banyak lagi yang lain. Kemudian juga ada BRI Institute yang menyediakan beasiswa aperti dari BUMN.

4. Beristirahat sejenak guna menjernihkan pikiran

Bolehlah jika kepenatan itu sudah melanda dan setiap dari kita memang membutuhkan rehat sejenak. Akan tetapi, dalam rehat bukan berarti kita tidak melakukan apa pun dan tidak merencanakan sesuatu untuk masa depan.

Bisa saja dalam rehat, kita mengisi waktu dengan bekerja atau freelance di suatu perusahaan. Di sela-sela kegiatan itu, bisa kita gunakan untuk tetap belajar. Sehingga pikiran kita pun tidak monoton hanya berkutat pada dunia pendidikan, tapi juga ada selingan tentang dunia kerja.

Nah, bagi mereka yang memutuskan bekerja dan kuliah, maka bisa memilih kampus Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), BRI Institute, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara (BINUS), dan masih banyak lagi yang lain.

Jadi, buat kalian yang memutuskan untuk gap year, ya sah-sah saja. Selama itu, tidak menyurutkan semangat untuk mengejar mimpi menjadi sukses di masa depan. Tetaplah bergerak meski berhenti sejenak itu boleh.

18 KOMENTAR

  1. gak smua org beruntung, bagi yg bisa langsung kuliah gak boleh nunggu dulu karena kalo kuliah di nanti nanti ujung ujungnya males

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

3 Profesi Tren Untuk Lulusan Jurusan Teknik Industri

Milenianews.com - Jika kamu ingin memiliki kemampuan yang serba bisa, jurusan teknik industri bisa jadi pilihan yang tepat saat kuliah. Mengingat, teknik industri merupakan salah...

Pengabdian Masyarakat : Pentingnya Pengelolaan Website, Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi

Milenianews.com, Tangerang - Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu visi dari Tri Dharma perguruan tinggi di Indonesia untuk mengimplementasikan ilmu para akademisi khususnya dosen....

Skystar Ventures UMN Gelar Demo Day, Ajak Mahasiswa UMN Memperkenalkan Ide Bisnis

Milenianews.com, Jakarta - Inkubator bisnis Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Kompas Gramedia Group, Skystar Ventures UMN, menyelenggarakan Demo Day virtual. Gelaran ini diikuti...

Rahasia Wanita di Lembah Hunza yang Cantik dan Panjang Umur

Milenianews.com - Lembah Hunza, sebuah daerah lembah bergunung di Utara Pakistan. Para wanita di Lembah Hunza, terkenal dengan paras yang cantik dan awet muda. ...