Apa Saja Sih yang Kita Pelajari di Jurusan Teknik Informatika?

Apa Saja Sih yang Kita Pelajari di Jurusan Teknik Informatika?
Foto : Jurusan Teknik Informatika

Milenianews.com – Salah satu jurusan yang sedang naik daun adalah teknik informatika. Tidak bisa kita pungkiri jika sekarang banyak perusahaan yang membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang Informatika. Bahkan, jurusan teknik informatika menjadi salah satu jurusan paling banyak peminatnya pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 silam.

Untuk sobat milenia yang masih ragu dengan jurusan teknik informatika serta ingin tahu apa saja yang kita pelajari jika masuk jurusan ini dan peluang apa saja nanti ketika lulus, yuk kita bahas lebih lanjut.

Mengenal Jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar tentang analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer.

Bisa dibilang, bidang studi ini akan melakukan pembahasan terkait pengolahan data. Dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika untuk mengolahnya.

Apa saja yang Kita Pelajari di Teknik Informatika?

Di Jurusan Teknik Informatika, sobat milenia akan belajar pemrograman (programming), pengembangan perangkat lunak, dan teknologi jaringan komputer. Pada dasarnya, kita menjadi penerjemah suatu ide atau sistem yang harus kita aplikasikan kedalam bentuk digital menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Dalam prosesnya, kita akan belajar membuat flowchart atau bagan alur bagaimana sebuah sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsi dan logikanya. Untuk menerapkannya tentu sobat milenia harus memiliki ketelitian dan keuletan.

Baca Juga : Simak, Prospek Karir Lulusan Prodi Sistem Informasi

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika?

Di zaman dan era teknologi yang sudah berkembang, banyak peluang atau prospek kerja lulusan teknik informatika. Banyak jenis profesi yang bisa sobat milenia tekuni, tentunya dengan peluang gaji yang bagus. Berikut beberapa peluang kerja teknik informatika yang bisa sobat milenia dapatkan.

1. Programmer

Programmer adalah pilihan profesi yang paling banyak diambil oleh para lulusan teknik informatika. Apalagi mengingat saat ini teknologi berkembang begitu pesat. Kamu bisa memulai sebagai junior programmer terlebih dahulu. Gaji untuk pemula bisa mnecapai Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

2. Software Developer

Software developer merupakan profesi yang beperan penting menciptakan software yang nantinya dipakai untuk menjalankan sebuah sistem. Gaji yang bisa sobat milenia dapatkan ketika menjadi software developer bisa mencapai Rp 8 juta.

Baca Juga : Prodi Teknologi Komputer dan Prospek Kerjanya

3. Web Designer

Web designer bertugas merancang sebuah website dan akan bekerja berdampingan dengan web programmer. Gaji untuk web designer kurang lebih Rp 4 juta atau bisa lebih tinggi sesuai dengan proyek yang kalian kerjakan.

4. System Analyst dan IT Consultant

System analyst bertugas menganalisis sistem yang akan perusahaan pakai. Profesi ini berada diatas programmer dan berdampingan profesi lain. Gaji profesi ini berkisar antara Rp 6,5 juta hingga belasan bahkan bisa puluhan juta.

Sedangakan IT Consultant bertugas memberi ide untuk klien mengenai penggunaan teknologi informasi agar bisa memenuhi target bisnis mereka. IT consultant memiliki penghasilan yang cukup tinggi juga yaitu berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 11 juta.

5. Software Engineer dan Database Engineer

Software engineer memiliki tugas yang hampir sama dengan programmer dan system analyst. Gaji untuk profesi ini berkisar hingga Rp 8 juta untuk pemula dan bahkan bisa mencapai belasan dan puluhan juta.

Sementara itu, Database engineer bertugas untuk merancang dan memonitor database kompleks. Gaji yang untuk profesi ini bagi fresh graduate bisa mencapai Rp 5 juta. Sementara itu gaji bisa meningkat hingga puluhan juta rupiah seiring dengan pengalaman.

6. IT Executive

IT executive adalah salah satu contoh peluang atau prospek kerja teknik informatika yang bisa dibilang bergengsi. Nantinya, kita bertugas untuk memastikan kesiapan sistem sehingga dapat beroperasi dengan efisien. Gaji untuk IT executive berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 9 juta.

7. Network Administrator dan Network Support Engineer

Seorang network administrator bertugas untuk menjaga kontinuitas jaringan sistem. Sedangkan Network Support Engineer bertugas melakukan analisis sistem jaringan. Gaji seorang network administrator dapat mencapai Rp 9 juta. Begitupun Network Support Engineer yang mendapatkan gaji berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 9 juta.

Baca Juga : Jurusan Teknik Industri Miliki Prospek Kerja yang Luas

Untuk sobat milenia yang ingin melanjutkan kuliah di jurusan Teknik Informatika tentunya tidak akan susah. Pasalnya perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta saat ini sudah banyak yang memiliki jurusan Teknik Informatika.

Sementara itu, jika sobat milenia ingin memilik kampus swasta dengan banyak pilihan jurusan seputar Informatika bisa memilih kampus terkenal. Seperti Universitas Bina Nusantara, Universitas Nusa Mandiri, Universitas Bina Sarana Informatika, Universitas Mercubuana, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *