Beranda Lifestyle Teknologi Ericsson dan XL Axiata Berkolaborasi untuk Optimasi Jaringan

Ericsson dan XL Axiata Berkolaborasi untuk Optimasi Jaringan

Milenianews.com – Ericsson dan XL Axiata umumkan kerja sama dalam penyediaan Layanan Optimasi Jaringan (Network Optimization Service). Layanan ini akan tersedia di seluruh daerah terpadat di Indonesia, antara lain Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) dan Jawa Tengah.

Layanan ini memanfaatkan Ericsson Cognitive Software berbasis kecerdasan buatan (AI). Ericsson Cognitive Software sendiri merupakan platform big data multi-vendor dan multi-teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) dengan skalabilitas dan kinerja yang unggul.

Platform ini berguna untuk meningkatkan pengalaman jaringan. Kemudian berbarengan dengan rasionalisasi OPEX (biaya operasional), peningkatan loyalitas pelanggan, dan peningkatan EBITDA (laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi). 

Baca Juga : Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel, 100% Mudah !

“Untuk mewujudkan visi kami dalam membangun jaringan yang paling hemat biaya untuk memberikan pengalaman terbaik, kami perlu menanamkan analitik dan machine learning (ML) dalam alat perencanaan, perancangan dan optimasi. XL Axiata telah memulai Zero Touch Operations sejak 2020 dan kami yakin melalui kerja sama dengan Ericsson dapat mendukung ambisi kami,” kata Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa. Dikutip dari Tek.id(17/2)

Ericsson Optimization Service meliputi penggunaan 3 konsep. Pertama, Cognitive Planning untuk secara akurat memprediksi kebutuhan ekspansi. Kedua, Cognitive Tuning untuk meniadakan kebutuhan drive test, tingkat akurasi tinggi, termasuk wawasan kompetitif dari data crowdsourced pelanggan. Ketiga, Cognitive Optimization, untuk mendiagnosis secara mendalam, mendeteksi secara proaktif, dan menyelesaikan masalah kinerja.

“Solusi ini akan mengurangi biaya operasional dan kompleksitas. Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan XL Axiata dalam perjalanan transformasi ini,” kata Country Head Ericsson Indonesia, Jerry Soper. (Latif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Final Fantasy 7 Ever Crisis Hadir di Perangkat Mobile

Milenianews.com - Square Enix memanfaatkan waktunya selama acara PlayStation State of Play hari Kamis (25/2) lalu dengan sangat baik. Tidak hanya mengumumkan update PS5...

Timpang

Kau si raut berbalut semburat Bersinar pada retina berbinar Syahdu dengan pandang penuh teduh   Aku si jiwa tanpa baswara Hanya punya cinta pada atma Semoga padanya adalah baka   Kita ialah...

Microsoft Siap Buka Data Center di Indonesia

Milenianews.com - Microsoft merupakan perusahaan teknologi yang sangat besar dan sudah mulai masuk ke Indonesia. Belum lama ini, Microsoft telah menjadi bagian dari program pemerintah...

Netflix investasikan USD 500 juta Untuk Film dan Drama Korea

Milenianews.com - Film dan drama Korea kini telah menjadi konsumsi berbagai kalangan, tidak hanya pecinta K-pop saja. Netflix sendiri mengumumkan akan menginvestasikan USD 500...