Beranda Lifestyle Kesehatan Bahaya Tidak Sarapan, Generasi Milenial Harus Tahu!

Bahaya Tidak Sarapan, Generasi Milenial Harus Tahu!

Milenianews.com – Bahaya tidak sarapan sering kali banyak orang yang mengabaikannya. Mereka sering menganggap sepele hal yang satu ini. Mereka sering melewatkannya karena sengaja ataupun karena tidak ada waktu. 

Padahal sudah kita ketahui, bahwa sarapan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya, jika kita sering melewatkan sarapan banyak bahaya yang akan menghampiri kita. Jadi, tidak salah jika ada pepatah yang mengatakan bahwa sarapan pagi adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari.

Harus kalian ketahui juga batasan paling siang untuk sarapan yakni pukul 09.00 pagi sebelum kalian sibuk dengan berbagai aktivitas seharian. Jika kalian sarapan di atas jam tersebut, hal itu sudah tidak termasuk lagi sebagai sarapan. Akibatnya kalian pun akan cenderung lebih banyak makanan cemilan setelahnya. Hal itu bisa berdampak buruk pada tubuh kita.

Baca Juga : Manfaat Jogging Bagi Kesehatan, Kalian Harus Tahu!

Untuk selengkapnya bahaya tidak sarapan atau melewatkannya sudah kami rangkum dalam 10 bahaya tidak sarapan bagi kesehatan.

Bahaya Tidak Sarapan
Ilustrasi (Sumber: radiobrite.com)

Berikut 10 Bahaya Tidak Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Yang Harus Kalian Ketahui!

1. Bahaya Tidak Sarapan Akan Membuat Tubuh Lebih Cepat Lelah

Hal pertama ini mungkin sudah pernah kalian rasakan ketika melewatkan sarapan pagi. Perasaan lemas dan lesu akan kalian rasakan di pagi hari. Karena sarapan merupakan sumber energi atau tenaga kalian untuk memulai aktivitas setiap harinya. Jika kalian tidak mengisi energi, tentu kalian akan merasakan lemas sepanjang hari.

Hal ini juga telah terbukti dari penelitian yang terdapat dalam jurnal berjudul Physiological Behaviour pada 1999. Menyatakan bahwa, tidak sarapan dapat memberi dampak negatif pada energi dan suasana hati. Penelitian ini juga telah menguji 144 orang dan hasilnya mereka yang tidak sarapan memiliki kemampuan ingatan dan tingkat kelelahan yang buruk.

2. Tidak Sarapan Beresiko Tinggi Terkena Penyakit Jantung

Studi dari Hardvard School of Public Health menyatakan bahwa, melewatkan sarapan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Dengan melewatkan sarapan pagi, tubuh akan bekerja lebih keras yang mengakibatkan metabolisme tubuh berubah secara tidak teratur. Karena pada dasarnya pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan berbagai gangguan pada fungsi organ.

Selain itu, dengan tidak sarapan pagi kalian akan merasakan lapar yang berlebihan pada saat menjelang siang. Hal ini akan membuat kalian mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi lebih banyak. Karenanya lemak di sekitar perut akan menumpuk dan kadar kolestrol meningkat, ini lah faktor utama penyebab dari penyakit jantung.

3. Bahaya Tidak Sarapan Dapat Menaikkan Berat Badan

Kalian pasti bingung kok bisa tidak sarapan pagi dapat menaikkan berat badan? Nah, untuk kalian yang sedang menjalankan program diet dan berfikir dengan tidak sarapan dapat menurunkan berat badan, kalian salah besar. Hal ini terlah terbukti dalam American Journal of Epidemology pada 2003. Di dalamnya menyatakan bahwa mereka yang melewatkan sarapan cenderung lebih cepat gemuk 4,5 kali dibandingkan mereka yang rajin sarapan.

Hal ini terjadi karena, kalian membiarkan perut yang kosong terlalu lama atau semalaman dan juga tidak sarapan. Sehingga pada saat kalian makan siang, kebutuhan makan akan bertambah dan dapat memicu makan berlebihan. Akibatnya berat badan kalian akan semakin bertambah.

4. Bahaya Tidak Sarapan Dapat Meningkatkan Resiko Penyakit Diabetes

Saat kalian tidak sarapan, otomatis perut kalian kosong, tidak ada makanan yang seharusnya diolah dan diubah menjadi energi. Hal ini dapat mengacaukan kadar gula darah di dalam tubuh kalian. Akibatnya potensi penyakit diabetes pada tubuh kalian meningkat.

Selain itu, hal ini telah terbukti dalam sebuah penelitian yang baru terbit dalam American Journal of Clinical Nutricion. Di dalamnya menyatakan, ketika kamu melewati sarapan, itu akan membuat kadar kolestrol dan tingkat sensitif insulin yang buruk. Akibatnya dapat meningkatkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 20 persen.

5. Tidak Sarapan Juga Dapat Meningkatkan Resiko Kanker

Tidak sarapan di pagi hari dapat membuat kalian terlalu banyak makan pada siang hari. Hal ini dapat menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas. Penelitian yang dilakukan oleh Cancer Research UK ditemukan bahwa seseorang yang kelebihan berat badan atau obesitas beresiko terkena kanker.

Selain itu, Japan Collaborative Cohort (JACC) Study for Evaluation of Cancer Risks telah melakuakan penelitian serupa. Penelitiannya menunjukkan bahwa melewatkan sarapan dikaitkan dengan meningkatkanya resiko kematian akibat penyakit peredaran darah dan kanker pada wanita maupun pria.

Baca Juga : Rutin Makan Sayuran Hijau bisa Bantu Jaga Kesehatan Jantung

6. Tidak Sarapan Akan Mengacaukan Metabolisme Tubuh

Saat kalian tidak sarapan di pagi hari, otomatis kinerja tubuh akan terhenti karena untuk menghemat energi. Selain itu, kemampuan tubuh kalian untuk membakar kalori akan menurun dan dapat memengaruhi metabolisme tubuh.

Menurut hasli survey pada jurnal Appetite pada bulan Agustus 2010. Melaporkan, mahasiswi yang secara terus menerus melewatkan sarapan memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur daripada mereka yang rutin melakukan sarapan. Selain itu, beberapa gangguan menstruasi seperti rasa sakit yang berlebihan serta darah menstruasi yang keluar tidak lancar dapat terjadi.

7. Bahaya Tidak Sarapan Pagi Dapat Menyebabkan Migrain

Untuk kalian yang rentan terhadap migrain, melewatkan sarapan di pagi hari dapat menyebabkan tubuh kalian mudah migrain. Karena pada saat kalian tidak sarapan di pagi hari, itu dapat memicu penurunan tingkat gula secara besar-besaran.

Hal ini dapat memicu pelepasan hormon untuk mengimbangi kadar glukosa yang rendah. Di sisi lain, hal ini juga memicu peningkatan tekanan darah. Akibatnya kalian akan merasakan migrain dan sakit kepala.

8. Bahaya Tidak Sarapan Dapat Memicu Kerontokan Rambut

Sarapan pagi merupakan kegiatan yang harus menjadi rutinitas kalian di pagi hari. Karena sarapan pagi memiliki peran utama dalam meningkatkan kekuatan rambut. Rambut terdiri dari zat yang di sebut sebagai keratin. Keratin itu sendiri merupakan zat yang memberikan kekuatan pada rambut. Terlalu sedikitnya protein dapat mempengaruhi tingkat keratin pada rambut kita. Akibatnya rambut akan kehilangan tenaga dan berhenti tumbuh.

Di samping itu, Philip Kingsley konsultan trichologist mengungkapkan bahwa, sarapan adalah waktu yang tepat untuk meningktakan protein dalam tubuh. Jika kalian ingin memiliki rambut yang sehat dan kuat tanpa rontok, jangan coba-coba melewatkan sarapan pagi.

9. Bahaya Tidak Sarapan Dapat Membuat Kalian Mudah Marah

Pada umumnya perut yang lapar bisa memicu emosi sehingga mudah tersinggung dan marah. Sebuah penelitian menyebutkan, orang yang rajin sarapan mempunyai suasana hati yang lebih baik dan stabil dibandingkan dengan yang tidak sarapan. Di samping itu, jika kalian mempunyai suasana hati yang tidak baik, maka kalian tidak bisa beraktivitas dengan maksimal.

Selain itu, sebuah survey menyatakan 26 persen orang memiliki suasana hati yang baik karena mereka rutin sarapan di pagi hari. Suasana hati yang melibatkan iritabilitas sering terjadi karena gula darah yang rendah. Ini di merupakan efek samping dari tidak sarapan pagi yang berkepanjangan.

10. Tidak Sarapan Pun Dapat Menyebabkan Bau Mulut

Sarapan pagi dapat menstimulasi produksi saliva yang berguna untuk membantu membersihkan bakteri pada lidah. Sebuah studi dari U.S News dan World Report menjelaskan bahwa, dengan sarapan kelenjar dalam mulut akan membantu memproduksi air liur untuk membersihkan lidah dari bakteri.

Selain itu, Dr. Mervyn Druian dari London Centre for Cosmetic Dentistry merekomendasikan buah segar dan segelas air putih untuk sarapan. Karena, itu termasuk sarapan terbaik yang efektif menyingkirkan bakteri dalam mulut. Jadi, Jika tidak ingin mulut kalian bau jangan coba-coba untuk melewatkan sarapan.

Baca Juga : Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut saat Berpuasa

Itu lah 10 bahaya tidak sarapan bagi kesehatan yang harus kalian ketahui, semoga bermanfaat. Terus kunjungi milenianews untuk mendapatkan informasi ter-update yang menarik dan tentunya sangat bermanfaat.(Dinar Ismunandar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Film Rentang Kisah Versi Extended Tayangkan Scene yang Belum Ada Sebelumnya

Milenianews.com - Jelang Idul Fitri 2021, Klik Film secara ekslusif menghadirkan film drama religius berjudul Rentang Kisah Extended. Film yang mengadaptasi dari perjalanan hidup...

Clubhouse Beta Versi Android Sudah ada di Google Play Store

Milenianews.com - Clubhouse menjadi sangat populer di awal tahun ini terutama di kalangan pengguna perangkat iOS. Aplikasi obrolan grup khusus audio ini mengharuskan penggunanya...

PlayStation 5 Siap Produksi Kembali Tahun 2022

Milenianews.com - Ketika Sony mengeluarkan PlayStation 5, konsol ini langsung menjadi populer dan menjadi incaran para gamers. Hal ini membuat Sony kekurangan stok dan...

Tom Clancy’s The Division Mobile Siap Meluncur

Milenianews.com - Hadir dengan tema pandemi virus yang pertamakali menyebar dari uang, kisah Tom Clancy’s The Division semakin melebar. Awalnya bercerita tentang penyelamatan warga...