Beranda Lifestyle Kesehatan Manfaat Jogging Bagi Kesehatan, Kalian Harus Tahu!

Manfaat Jogging Bagi Kesehatan, Kalian Harus Tahu!

Milenianews.com – Manfaat jogging Bagi kesehatan. jogging merupakan aktivitas lari santai yang sangat bermanfaat bagi tubuh, jika  kita melakukannya secara rutin. Pada saat ini olahraga jogging sudah cukup populer di kalangan masyarakat.

Untuk kalian yang mencari olahraga yang mudah, jogging adalah pilihan yang tepat. Kalian dapat jogging di mana saja dan kapan saja kalian mau. kalian juga tidak harus repot bila ingin ber-jogging, kalian hanya membutuhkan sepatu lari dan pakaian yang nyaman dipakai.

Walaupun dari jenis olahraga yang terlihat santai, jenis olahraga yang satu ini menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan yang signifikan. Yuk! Kita simak baik-baik apa saja sih manfaat jogging bagi kesehatan kita.

Baca Juga : Pola Hidup Sehat, 100% Sukses Menjaga Hidup Lebih Sehat

manfaat Jogging bagi kesehatan
Ilustrasi (Sumber: tempat.com)

Berikut 10 Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Generasi Milenial

1. Jogging Menjaga kesehatan Jantung

Manfaat jogging yang pertama yakni baik untuk kesehatan jantung kita. Dengan kita melakukannya secara rutin, kinerja jantung kita akan semain kuat.

Kinerja jantung yang kuat akan menjaga kelancaran aliran darah pada tubuh kita. Aliran darah yang lancar akan membuat kita terhindar dari penyakit jantung yang mematikan.

2. Imun Kuat Kesehatan pun Terjaga

Manfaat jogging yang kedua yakni dapat menciptakan sistem imun yang kuat. Pada dasarnya, olahraga dapat membuat fisik kita menjadi lebih kuat. Hal ini membuat tubuh kita akan lebih kuat menghadapi berbagai penyakit.

Khususnya di masa pandemi Covid-19 ini, dengan rutin berolahraga kemungkinan besar kita dapat terhidar dari penyakit Covid-19 ini. Karena dengan ber-Jogging. kita dapat meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh untuk membangun sitem kekebalan.

3. Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Bisa Meningkatkan Sistem Pernapasan

Selanjutnya manfaat jogging bagi kesehatan tubuh kita yakni meningkatkan sistem pernapasan. Dengan rutin ber-jogging, paru-paru kita akan mengambil oksigen lebih banyak dan membuang karbondioksida secara efisien. Kapasitas paru-paru pun akan meningkat dan otot-otot sistem pernapasan pun akan menjadi lebih kuat.

Untuk kalian yang memiliki masalah dalam pernapasan, Jogging adalah salah satu olahraga pilihan yang tepat.

4. Dengan Jogging Akan Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat jogging selanjutnya yakni dapat menjaga kesehatan tulang kita. Jogging dapat memperkuat tulang dan mencegah masalah seperti osteoporosis, osteoarthritis, dan penyakit tulang lainnya. Dengan rutin ber-jogging, kita akan menjadi lebih kuat saat tua nanti.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat lainnya yaitu dapat menurunkan tekanan darah di dalam tubuh kita. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga pagi hari atau jogging berkontribusi terhadap penurunan yang lebih besar pada tekanan darah diastolik malam hari.

Dengan rutin ber-jogging dapat menurunkan LDL atau “kolesterol jahat” dalam darah. Hal ini dapat mendukung penurunan tekanan darah pada tubuh kita.

Baca Juga : Jangan Olahraga di Malam Hari, Berbahaya !

6. Menurunkan Berat Badan

 Jogging akan membuat kita berkeringat dan keringat yang dihasilkan merupakan hasil dari pembakaran lemak pada tubuh kita. Dengan terbakarnya lemak dalam tubuh kita, otomatis berat badan kita akan menurun.

Selain membakar lemak, jogging juga dapat membantu untuk mempertahankan berat badan. Bagi kalian yang ingin menurunkan dan mempertahankan berat badan yang ideal, ber-jogging merupakan pilihan yang tepat.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat jogging bagi kesehatan selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kualitas tidur kita pada malam hari. Hal ini dibuktikan dalam studi yang telah diterbitkan dalam Sleep Medicine edisi 2017, menunjukkan bahwa olahraga pagi hari tampaknya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur bagi orang-orang yang kesulitan tidur.

8. Mencegah Penuaan

Manfaat jogging selanjutnya yaitu dapat mencegah penuaan pada kulit. Hal ini dikarenakan pada saat kita jogging semua anggota tubuh kita bekerja. Sehingga jantung akan bekerja dengan baik untuk mengalirkan oksigen dan darah dengan lancar ke seluruh sel tubuh salah satunya kulit.

Dengan begitu kulit akan mendapatkan oksigen dan pasokan darah yang cukup, hal ini menjadikan kulit kita lebih sehat dan kencang.

9. Mencegah Terjadinya Stres

Jogging juga dapat mencegah terjadinya stres. Latihan aerobik atau jogging berpotensi meningkatkan fungsi eksekutif dan melindungi otak dari penurunan yang berkaitan dengan penuaan dan stres. Karena saat kita jogging kadar korsitol yang ada pada tubuh kita dapat berkurang. Kortisol merupakan hormon yang dilepaskan tubuh sebagai respons terhadap stres.

10. Mengembangkan Otot

Manfaat yang terakhir dari ber-jogging yakni dapat mengembangkan otot. Jogging dapat membantu tubuh kita menjadi lebih kuat. Melihat dari hampir seluruh anggota tubuh kita bergerak saat kita ber-jogging. Hal ini bagus untuk perkembangan otot, seperti perkembangan pada otot paha belakang, betis, dan otot penting lainnya.

Baca Juga : Suka Jogging, Pahami Hal-hal ini

Itulah manfaat Jogging bagi kesehatan yang harus kalian ketahui, semoga bermanfaat. Dengan mengetahui manfaat-manfaat yang terkandung dalam olahraga yang satu ini, tidak ada alasan lagi bagi kalian untuk malas berolahraga ya. Seperti biasa, kunjungi terus milenianews untuk mendapatkan informasi ter-update yang menarik dan tentunya bermanfaat.(Dinar Ismunandar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Film Rentang Kisah Versi Extended Tayangkan Scene yang Belum Ada Sebelumnya

Milenianews.com - Jelang Idul Fitri 2021, Klik Film secara ekslusif menghadirkan film drama religius berjudul Rentang Kisah Extended. Film yang mengadaptasi dari perjalanan hidup...

Clubhouse Beta Versi Android Sudah ada di Google Play Store

Milenianews.com - Clubhouse menjadi sangat populer di awal tahun ini terutama di kalangan pengguna perangkat iOS. Aplikasi obrolan grup khusus audio ini mengharuskan penggunanya...

PlayStation 5 Siap Produksi Kembali Tahun 2022

Milenianews.com - Ketika Sony mengeluarkan PlayStation 5, konsol ini langsung menjadi populer dan menjadi incaran para gamers. Hal ini membuat Sony kekurangan stok dan...

Tom Clancy’s The Division Mobile Siap Meluncur

Milenianews.com - Hadir dengan tema pandemi virus yang pertamakali menyebar dari uang, kisah Tom Clancy’s The Division semakin melebar. Awalnya bercerita tentang penyelamatan warga...