Beranda Lifestyle Kesehatan Pola Hidup Sehat, 100% Sukses Menjaga Hidup Tetap Sehat

Pola Hidup Sehat, 100% Sukses Menjaga Hidup Tetap Sehat

Milenianews.com – Menurut WHO, Pola hidup sehat merupakan metode atau cara hidup yang dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit. Memang pada umumnya tidak semua penyakit dapat dicegah, namun dengan menerapkan metode ini dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit yang kritis.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk kita menerapkan metode ini untuk mencegah terserang berbagai penyakit, terutama pada masa pandemi ini. Selama kita teratur menerapkan gaya hidup sehat, kesehatan dan kulitas hidup kita akan menjadi lebih baik. Tubuh yang prima akan membantu suasana hati dan pikiran menjadi lebih tenang dan produktif dalam berbagai hal begitu pula sebaliknya.

Baca Juga : Gaya Hidup Milenial Pengaruhi Kesehatan

Mari kita simak baik-baik pola hidup sehat versi anak milenial.

pola hidup sehat
ilustrasi (Sumber: pakdok.com)

Berikut Pola Menjaga Hidup Tetap Sehat

1. Jangan Meninggalkan Sarapan

Pentingnya sarapan di pagi hari sering kali dilupakan banyak orang. Terutama mereka yang mempunyai keinginan menurunkan berat badan atau diet. Padahal, dengan melewatkan sarapan akan meningkatkan risiko naiknya berat badan atau obesitas.

Bahkan menurut para dokter, mereka yang tidak pernah melewatkan sarapan pagi memiliki tingkat indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah. Disamping itu, dapat memiliki kinerja tubuh yang lebih baik dibanding mereka yang sering meninggakan sarapan pagi.

2. Bijak Memilih Makanan

Apa yang kita makan pasti akan berpengaruh terhadap kinerja tubuh kita. Oleh karena itu, penting untuk kita memerhatikan setiap makanan yang akan dikonsumsi setiap harinya. Disamping itu, disetiap kita makan pastikan makanan yang ada dalam piring kita memenuhi gizi yang seimbang. Seperti mengandung karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik.

Kita juga harus memperhatikan porsi makanan yang akan kita santap. Pentingnya memperhatikan porsi makan ini dapat mencegah kita mengalami kegemukan dan terserang berbagai penyakit kronis. Ingat, apapun yang berlebihan tentu tidak akan baik sama halnya dengan tubuh kita jika terlalu makan berlebihan.

Baca Juga : Kaya Akan Nutrisi, Ini 5 Manfaat Buah Melon

3. Lebih Banyak Bergerak

Lebih banyak bergerak bukan berarti harus olahraga yang terlampau keras. Apapun jenis olahraga yang kita lakukan pasti akan bermanfaat bagi pola hidup sehat kita. Karena yang terpenting kita menyukai jenis olahraga itu dan bisa melakukannya secara rutin. Walaupun hanya menyukai jalan santai, asalkan tubuh kita bergerak aktif setiap harinya itu akan baik untuk pola hidup sehat kita.

Dengan aktif bergerak, kalori yang mengendap di dalam tubuh kita akan terbakar dengan sendirinya. Selain itu, hal ini juga bisa membantu melancarkan aliran oksigen dalam tubuh kita dan menjaganya sel-sel di dalamnya tetap sehat. Maka tak heran jika setelah selesai berolahraga atau melakukan aktifitas fisik lainnya kita merasa lebih bugar.

4. Memperbanyak Minum Air Putih

Terkadang banyak orang yang melupakan pola hidup sehat yang satu ini. Padahal, sekitar 60 persen dari tubuh kita adalah air. Disamping itu, setiap hari cairan dalam tubuh kita akan terus berkurang lewat keringat, urin, dan bahkan setiap kali kita bernapas. Oleh sebab itu, penting untuk kita memastikan bahwa kebutuhan cairan kita terpenuhi setiap harinya.

Untuk kita yang sering berpergian, kita bisa membiasakan membawa botol minum. Agar tidak lupa kita bisa menyimpannya di dalam tas. Selain itu, biasakan juga untuk menyediakan air minum di meja kerja atau di kamar tidur.

5. Tidur yang Cukup

Jika kita sudah melakukan semua pola hidup sehat yang di atas, akan sia-sia kalau kita tidak tidur yang cukup. Menurut seorang pakar gangguan masalah tidur dari Stanford University dan University California, menyatakan bahwa tidur adalah kebutuhan paling mendasar untuk menuju pola hidup sehat.

Tidur merupakan pondasi dari terbentuknya pikiran dan tubuh yang sehat. Jika pondasi ini terganggu, pasti akan berdampak negatif terhadap kesehatan kita. Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, hingga suasana hati kita. Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa sekitar 7-9 jam per hari.

6. Hindari Stres

Pola hodup sehat yang terakhir ini mungkin masih banyak orang yang belum menyadarinya. Saat kita merasa stres, semua sistem dalam tubuh kita akan meresponnya dengan cara yang berbeda-beda. Mulai dari mual, muntah, sakit perut bahkan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh sebab itu, penting untuk kita berusaha mengurangi dan menghindari segala hal yang bisa membuat kita stres.

Ketika kita merasa tertekan, menepi ketempat sepi untuk menenangkan diri adalah pilihan yang baik. Dengan mengambil nafas dalam-dalam dan mengembuskannya secara perlahan secara berulak kali sampai kita merasa lebih rileks. Itu adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan disaat kita merasa tertekan untuk menghindari stres berkepanjangan.

Selain itu kita juga bisa melakukan hal-hal lainnya yang kita senangi. Seperti, membaca, menulis artikel, atau pun bermain dengan hewan peliharaan. Yang terpenting buat lah diri kita merasa nyaman dengan cara yang kita senangi.

Baca Juga : Stres Berkepanjangan, Bagaimana Dampaknya Bagi Tubuh?

Itulah pola hidup sehat versi anak milenial, semoga bermanfaat. Bagi kalian yang masih menyepelekan pola hidup sehat, yuk! dari sekarang terapkan dengan rutin pola hidup sehat versi anak milenial ini. Dan untuk semuanya jangan lupa, kunjungi terus milenianews untuk mendapatkan informasi terupdate yang menarik dan tentunya bermanfaat.(Dinar Ismunandar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Film Rentang Kisah Versi Extended Tayangkan Scene yang Belum Ada Sebelumnya

Milenianews.com - Jelang Idul Fitri 2021, Klik Film secara ekslusif menghadirkan film drama religius berjudul Rentang Kisah Extended. Film yang mengadaptasi dari perjalanan hidup...

Clubhouse Beta Versi Android Sudah ada di Google Play Store

Milenianews.com - Clubhouse menjadi sangat populer di awal tahun ini terutama di kalangan pengguna perangkat iOS. Aplikasi obrolan grup khusus audio ini mengharuskan penggunanya...

PlayStation 5 Siap Produksi Kembali Tahun 2022

Milenianews.com - Ketika Sony mengeluarkan PlayStation 5, konsol ini langsung menjadi populer dan menjadi incaran para gamers. Hal ini membuat Sony kekurangan stok dan...

Tom Clancy’s The Division Mobile Siap Meluncur

Milenianews.com - Hadir dengan tema pandemi virus yang pertamakali menyebar dari uang, kisah Tom Clancy’s The Division semakin melebar. Awalnya bercerita tentang penyelamatan warga...