Beranda Event Perguruan Tinggi Harus Mampu Membuat Model Kampus Cerdas

Perguruan Tinggi Harus Mampu Membuat Model Kampus Cerdas

Milenianews.com – Prof Nizam (Dirjen Dikti Kemendikbud) membuka kegiatan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM). Kegiatan ini menghadirkan sejumlah perwakilan dari seluruh Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia. Dr H M Budi Djatmiko, Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) turut hadir dan memperkenalkan Model Kampus Cerdas.

Kondisi saat ini memperlihatkan bahwa Perguruan Tinggi (PT) perlu melakukan transformasi dan pandai memanfaatkan peluang. Dengan cara membuat lompatan yang lebih cepat dengan memanfaatkan peluang yang ada. Yaitu melalui digitalisasi pendidikan, meningkatkan kompetensi SDM, serta membuat inovasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dr H M Budi Djatmiko, Ketua Umum APTISI mengatakan industri 4.0 telah memperkenalkan “Model Kampus Cerdas”. Yang mana sistem fisik maya memantau proses fisik kampus dan membuat keputusan yang terdesentralisasi.

“Sistem fisik menjadi internet of things. Berkomunikasi dan bekerjasama baik satu sama lain dengan manusia secara real time melalui web nirkabel. Yakni optimalisasi proses, transformasi digital, analisis data, otomasi, dan model bisnis baru melalui pengembangan keterampilan yang dibutuhkan,” ujar Budi saat virtual event. Senin (2/11).

Ia menyampaikan ijazah lulusan universitas tak lagi dibutuhkan. Saat ini kampus konvensional berbasis tembok telah hancur bertransformasi dengan model kampus cerdas.

“Dan di sinilah PT memiliki potensi dampak tercepat untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. Jika kampus tidak mau dan tidak mampu berubah maka akan terjajah dengan berbagai aturan yang rumit,” katanya.

Baca Juga : Melalui Rakornas APTIKOM, Ciptakan SDM Unggul Untuk Indonesia Maju

Dr Dwiza Riana, Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Nusa Mandiri turut memberikan pendapatnya tentang kampus cerdas, yang mana ini merupakan model kampus jaman now.

“Model kampus baru yakni kampus cerdas, ijazah perlu berdampingan dengan kompetensi yang bagus dan PT punya peran penting dalam perubahan ini. Waktunya melahirkan teknologi PT dengan program kampus merdeka yang berakselerasi dalam berbagai bidang” ungkap Dwiza. (Umi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

UNM Tebar Bakti Untuk Negeri Melalui Kegiatan Workshop

Milenianews.com, Cengkareng - Ramadan menjadi momen terbaik untuk berbagi, baik berbagi makanan, takjil ataupun berbagi pengetahuan. Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Cengkareng senantiasa menjadikan...

Pemerintah Perpanjang Larangan Mudik Lebaran sampai 24 Mei 2021

Milenianews.com, Jakarta - Pemerintah perpanjang larangan mudik sampai 24 Mei 2021. Perpanjangan tersebut berlaku mulai hari ini, 22 April 2021. Melalui Satuan Tugas (Satgas)...

Anak Dinosaurus Tertangkap CCTV, Berkeliaran di Belakang Rumah

Milenianews.com, Jakarta - Sebuah cuplikan video dari daerah Florida, Amerika Serikat (AS) memperlihatkan yang mirip seekor anak dinosaurus berlari di belakang rumah seorang warga. Jika...

Tayang Bersamaan Skandal, Film Seo Ye Ji ‘Recalled’ Puncaki Box Office Korea

Milenianews.com - Seiring dengan skandal yang terjadi kepada Seo Ye Ji, film terbaru yang ia bintangi berjudul Recalled justru menorehkan pencapaian menakjubkan. Recalled sukses...