Baru 127.181 Calon Peserta Mendaftar UTBK-SBMPTN

()

Milenianews.com, Jakarta – Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah berjalan selama tiga hari. Sejak dibuka pada 2 Juni 2020, sebanyak 288.209 peserta telah melakukan login dan menetapkan pilihan lokasi Pusat UTBK.

Dari jumlah tersebut, baru 127.181 peserta telah melakukan cetak kartu atau menyelesaikan proses pendaftaran. Ketua Pelaksana Ekseskutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo meminta peserta menyelesaikan pendaftarannya dengan segera.

“Adik-adik semua, untuk pendaftaran yang dilakukan imbauannya yang mendaftar tolong jangan memanfaatkan waktu di akhir pendaftaran,” kata Budi dilansir Medcom, Kamis, (4/6).

“Kalau sudah siap ya mendaftar sekarang saja, biar tenang jangan di akhir-akhir. Nanti semua ribut mau masuk, kemudian ada kemacetan server karena ingin terakhir nanti jadi repot,” jelasnya.

Dari 127.181 peserta yang telah melakukan cetak kartu, terdata jumlah peserta reguler sebanyak 86.949. Sedangkan jumlah peserta KIP Kuliah sebanyak 40.232 peserta. Pihaknya meminta peserta untuk mencermati langkah-langkah pendaftaran.

“Pendaftar diminta cermati betul memperhatikan langkah-langkah saat mendaftar. Karena nanti ketika sudah final, data yang diisi sudah tidak bisa diubah,” kata Budi.

8 Hal yang Harus Diperhatikan saat Pendaftaran UTBK-SBMPTN

1. Pendaftaran UTBK-SBMPTN, 2-20 Juni 2020.

2. Telah memiliki akun LTMPT.

3. Yang sudah lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), tidak bisa mendaftar UTBK-SBMPTN.

4. Pilih lokasi Pusat UTBK terdekat dengan tempat tinggal.

5. Hanya bisa mendaftar UTBK-SBMPTN satu kali dan Pemilik nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tidak dipungut biaya pendaftaran.

6. Pilih prodi seseuai persyaratan jurusan Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMTA) yang ditetapkan PTN (lihat di laman ltmpt.ac.id).

7. Pastikan isian data sudah benar, termasuk data peserta penyandang disabilitas (jika ada).

8. Jika sudah simpan permanen (cetak kartu), data tidak dapat diubah lagi.

Suka Artikel ini ?

Tentukan Bintangnya !

Terima Kasih sudah Menilai Artikel ini

Jadilah yang Pertama untuk menilai Artikel ini

Jika kamu merasa Artikel ini bermanfaat untukmu,

Dukung melalui Media Sosial kami

Maaf jika artikel ini kurang bermanfaat untukmu,

Bantu kami untuk memperbaikinya !

Berikan komentar atau hubungi kami melalui Kontak.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x