Ramadhan dan Imunitas Tubuh

Ramahdan dan Imunitas Tubuh

Milenianews.com – Ramadhan sudah masuk hari ke-4, agar #RamadhanStayHealty Sobat Milenia harus tetap semangat dan makan bergizi seimbang selama Ramadhan. Ramadhan punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk akan meningkatkan sistem imunitas bagi tubuh kita dari serangan virus.

Beberapa waktu lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) diminta mengeluarkan fatwa agar umat muslim boleh tidak berpuasa di bulan Ramadhan saat pandemi COVID-19.

Hal ini justru dibantah oleh Anwar Abbas, Sekretaris Jendral MUI. Ia mengatakan puasa Ramadhan punya banyak manfaat, dengan berpuasa justru menjadi pelatihan buat tubuh kita. Tubuh kita dilatih untuk meningkatkan sistem imunitas.

Sehingga berpuasa Ramadhan tidak akan turunkan imunitas tubuh, justru dengan berpuasa Ramadhan sistem pengendalian diri dengan menahan hawa nafsu bisa tingkatkan imunitas pada tubuh.

Baca Juga : Tips Sehat Raga & Pikiran Jalani Puasa Ramadhan di tengah Pandemi

Berpuasa Ramadhan wajib hukumnya bagi seluruh umat muslim dunia kecuali bagi empat golongan. Ada empat golongan orang yang diperbolehkan tidak menjalankan ibadah puasa yakni orang yang sedang sakit, orang dalam perjalanan (musafir), orang tua yang tidak mampu berpuasa, wanita hamil dan menyusui.

Meski empat golongan ini diperbolehkan tidak berpuasa, namun mereka harus tetap mengganti ibadah puasa dengan membayar fidyah. Atau dengan berpuasa di hari lain di luar bulan Ramadhan.

Pola Hidup Sehat dan Makan Bergizi Seimbang Selama Sahur dan Berbuka Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh Selama Puasa Ramadhan

Dengan demikian sistem imunitas tubuh orang yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan akan tetap berfungsi dengan baik. Sistem imunitas tubuh akan baik dengan menerapkan pola hidup sehat dan makan bergizi seimbang selama sahur dan berbuka. Sehingga tidak benar adanya jika dengan berpuasa akan memperburuk daya tahan tubuh.

Kecuali bagi mereka yang sedang dalam keadaan sakit lalu mereka berpuasa maka boleh jadi imunitas tubuh menurun. Oleh karenanya jika sedang dalam keadaan sakit boleh tidak berpuasa, atau jika ingin tetap melakukan ibadah puasa harus terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Ibadah puasa Ramadhan tetap bisa dilakukan dan dijalankan bagi seluruh umat muslim selama pandemi COVID-19 saat ini. Justru dengan berpuasa sistem kekebalan tubuh menjadi kuat.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, semoga kita tetap dalam keadaan sehat dan bahagia.

#RamadhanStayHealty

#RamadhanSehat

#RamadhanBerkah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *