Beranda Pendidikan Manfaatkan Waktu #stayathome, Mahasiswa UBSI Dulang Prestasi

Manfaatkan Waktu #stayathome, Mahasiswa UBSI Dulang Prestasi

Milenianews.com, Pontianak – Ditengah maraknya pandemi Covid-19 saat ini mengakibatkan hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia menerapkan sistem perkuliahan secara online. Termasuk Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) yang juga menerapkan sistem perkulihan daring sejak bulan Maret 2020 lalu.

Mahasiswa diminta untuk tetap berada dirumah dan melakukan perkuliahan melalui Learning Management System (LMS) yang telah dirancang UBSI serta menggunakan media platform lainnya sebagai pendukung.

Tidak sedikit mahasiswa di Indonesia yang mengeluh akan proses perkuliahan yang dilakukan secara daring saat ini. Dengan demikian, berbagai alasan salah satunya dikarenakan belum terbiasanya mahasiswa dengan sistem perkulihan daring yang diterapkan sepenuhnya.

- Advertisement -

Baca Juga : Mahasiswa UBSI Pontianak “Runner Up” Badminton Open Tournament

Prestasi yang Diraih Juniarti dari tingkat regional maupun nasional

Namun tidak berlaku bagi Juniarti, mahasiswi semester 4 UBSI Pontianak. Kondisi saat ini tidak menghentikan langkahnya untuk tetap berprestasi.

- Advertisement -

Alih-alih mengeluh akan sistem perkuliahan yang sedang dijalani secara daring, ia justru mampu memanfaatkan waktu di rumah untuk melakukan hal-hal yang positif selain belajar yakni dengan mendulang beberapa prestasi dan menginspirasi orang banyak.

Gadis kelahiran Sungai Pangkalan 1, 11 Juni 1999 ini menyibukkan diri untuk membuat puisi dan mengikuti lomba-lomba tingkat regional hingga nasional.

Selain itu, Juniarti dikenal sebagai atlet pencak silat. Sejak kecil ia mempunyai hobi olahraga, bahkan sering mengikuti seleksi olahraga O2SN sejak dibangku SD & SMP. 

“Dengan adanya kondisi saat ini, saya tidak mau waktu saya terbuang sia-sia hanya kuliah dirumah saja. Namun saya mencari kegiatan yang positif yang dapat membuat saya lebih enjoy saat berada dirumah, ya seperti menulis puisi dan mengikuti lomba-lomba yang ada yang bisa diakses secara online,” jelas Juniarti.

Ia pun mulai sering mengikuti lomba-lomba cipta puisi dengan mengirimkan puisi hasil karyanya sendiri. Diantaranya ia pernah mengikuti Lomba cipta puisi Tingkat Nasional dari Lintang Indonesia, Lomba menulis puisi Nasional dari Antaraksa dan PT. Zona Media Mandiri Group, Lomba Puisi Tingkat Nasional dari T-Zone Publisher dan Literasi Nasional Kreatif dan masih banyak lagi lomba-lomba lainnya yang ia ikuti.

Beberapa prestasi pun ia raih, antara lain masuk sebagai 100 peserta terbaik Lomba Cipta Puisi Tingkat Nasional yang diselenggarakan dari Lintang Indonesia dan Faktualjabar.com.

“Prestasi pertama yaitu saya mendapatkan peringkat 47 dan masuk ke dalam kategori 100 peserta terbaik dari 2.020 peserta se-Indonesia, ini membuat saya lebih bersemangat untuk berkarya terus,” ujarnya.

Prestasi lainnya, Juniarti masuk kategori 50 peserta terbaik dalam Lomba Cipta Puisi Tingkat Nasional dari Karts Literarte Indonesia yang baru saja berlangsung di bulan April 2020 ini.

“Senang sekali rasanya bisa menghasilkan prestasi-prestasi yang membanggakan hingga ke tingkat nasional,” ucap mahasiswi Program Studi Sistem Informasi ini.

Lebih lanjut ia mengatakan sangat menyenangkan berlatih membuat puisi sehari-hari, dan ia belajar menulis puisi otodidak hanya dari internet. Selebihnya bagaimana mengembagkan kreativitas saja agar mendapatkan ide-ide tema puisi serta bahasa sastra yang lebih baik.

“Daripada merasa bosan dirumah, mending kita manfaatkan waktu yang ada ini lebih banyak waktu untuk #stayathome dan social distancing untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Kita isi dengan hal-hal yang positif bukan keluhan-keluhan tentang keadaan saat ini,” katanya.

Ia berpesan pada generasi muda di seluruh Indonesia, untuk terus berkarya dan berprestasi walaupun dengan keterbatasan berdiam dirumah saja. Jangan cepat menyerah jika gagal mengikuti suatu kompetisi atau dalam hal apapun yang ingin kita capai.

“Tetapi buatlah diri kita termotivasi untuk terus maju dan berusaha menjadi yang terbaik dalam bidang yang kita minati,” pesan Juniarti.

Baca Juga : Seminar BSI Digination, Upaya UBSI Wadahi Kreatifitas Anak Muda Pontianak

Juniarti berharap kasus wabah covid-19 bisa dengan segera tuntas lebih agar pasien meninggal akibat corona tidak bertambah lagi di Indonesia, khususnya di Kota Pontianak. Semoga pemerintah juga dapat menangani kasus ini dengan lebih baik agar yang sudah terpapar cepat pulih kembali.

“Terimakasih juga saya sampaikan untuk pihak kampus UBSI Pontianak yang selalu sigap mensupport dan membantu mahasiswanya dalam hal yang positif, juga para dosen yang membimbing mahasiswa dalam itu untuk menampilkan yang terbaik dalam kompetisi maupun kegiatan positif lainnya,” tutup Juniarti. (anna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Prodi Teknologi Komputer dan Prospek Kerjanya

Milenianews.com - Tahu gak, jurusan Teknologi Komputer? Memasuki era society 5.0, berkenalan lebih dengan dunia informatika menjadi hal yang cukup menarik. Kamu yang tertarik...

6 Situs Tes CPNS Online 2021 Gratis

Milenianews.com, Jakarta - Tes CPNS 2021 gratis bisa Sobat ikuti sebelum mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2021. Pendaftaran CPNS 2021, dari kabar beredar, akan buka...

SMK Bebas Biaya Bangunan dan SPP? Memangnya ada??

Milenianews.com, Jakarta - Jawabannya tentu ada. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cikra 1 Jakarta membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun ajaran 2021/2022 yang bebas...

Bupati Mukomuko Minta Blokir Game Online ke Menkominfo

Milenianews.com, Bengkulu - Game online menjadi trend di kalangan anak-anak, yang bisa berdampak negatif jika tidak ada kontrol dari orang dewasa. Guna meminimalisir hal...