News  

DKI Jakarta Jamin Stok Pangan Selama Ramadhan Aman

Stok Pangan Aman saat Ramadhan

Milenianews.com, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta memastikan stok pangan selama bulan Ramadhan aman. Stok pangan juga dipastikan mencukupi selama masa pandemi Corona.

“Untuk persiapan Ramadhan dan Idul fitri, PT Food Station Tjipinang Jaya merencanakan stok (beras) 25 ribu ton, PIBC (Pasar Induk Beras Cipinang) 200 ribu ton, dan Bulog 220 ribu ton,” beber Kepala DKPKP DKI Jakarta Darjamuni saat dikonfirmasi, Senin, (20/4).

Baca Juga : Pelaku Usaha harus Terapkan Aturan ini saat PSBB Berlaku di Jawa Barat

Dia menuturkan stok beras diperkirakan cukup untuk lima bulan ke depan. Sementara untuk gula pasir, PT Food Station Tjipinang Jaya dan Bulog telah menyiapkan stok 5.733 ton. Stok belum ditambah dengan stok yang ada di distributor.

“Maka gula pasir di Jakarta hingga Idulfitri 2020 dijamin aman,” tutur dia.

Pemprov DKI juga menjamin stok pangan akan sampai hari Idul Fitri

Begitu pula stok daging sapi. Kebutuhan daging sapi diperkirakan meningkat menjelang Ramadhan dan Idul fitri. Saat ini, stok tersedia 9.808 ton.

“PD Dharma Jaya memiliki kuota impor daging sapi Australia, dengan stok yang ada di importir/distributor daging dapi dan Bulog ada daging kerbau,” katanya.

Darjamuni menuturkan stok minyak goreng juga aman hingga Idul fitri 2020. Stok tersedia di PT Food Station Tjipinang Jaya, Bulog, dan distributor. Pantauan petugas di pasar tradisional dan pasar swalayan, stok minyak goreng melimpah.

Sementara itu, ada beberapa bahan pangan yang tak bisa distok, seperti telur ayam, bawang merah, cabai, sayuran, dan buah-buahan. Dia menyebut pasokan bergantung pada kelancaran distribusi.

Darjamuni mengungkapkan BUMD pangan DKI Jakarta telah melakukan kontrak farming (BtoB) dengan para petani atau gabungan kelompok tani (gapoktan) dari berbagai daerah produsen pangan. Hal ini juga didukung para pelaku usaha pangan yang memiliki koneksi dengan petani dan para pedagang pangan di daerah produsen.

Baca Juga : Wabah Corona, Tes SKB CPNS 2019 Ditunda

“Dengan jaminan pemerintah dan dukungan kepolisian, maka distribusinya akan lancar dan aman ke Jakarta,” kata dia.(afr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *