Covid-19 dan Kepedulian Bersama

COvid-19 dan Kepedulian

Mata Akademisi, Milenianews.com – Covid-19 merupakan penyakit menular yang pertama kali kita ketahui berasal dari Wuhan sejak 2019 lalu. Sejak itu mulai menyebar bahkan sampai ke seluruh penjuru dunia, penyebarannya pun begitu cepat dan dapat terjadi kapan saja. Di indonesia sendiri, tak sedikit yang positif terinveksi bahkan setiap harinya terus mengalami peningkatan.

Seperti yang diketahui, sampai saat ini telah tercatat ribuan orang yang positif terinfeksi Covid-19 di Indonesia dan di prediksi  akan terus bertambah hingga beberapa bulan kedepan. Semakin merebaknya Covid-19 ini menjadi kecemasan tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Tanggap Covid-19 : Kuliah Daring, Mahasiswa bisa apa?

Wabah yang melanda saat ini membuat pemerintah merespon dengan mengeluarkan kebijakan “bekerja, belajar dan beribadah dari rumah”.

Masyarakat diminta untuk mengurangi aktivitas diluar rumah serta dianjurkan untuk lebih banyak menjaga kebersihan. Masih berkembangnya penularan Covid -19 di indonesia, tentu penanganannya pun juga akan berlangsung lama. Masyarakat harus patuh dan disiplin dalam mencegah pandemi Covid-19.

Namun di tengah situasi sulit saat ini, tak sedikit yang menggugah hati semua pihak dari berbagai latar belakang untuk saling ikut serta dalam membantu memutus rantai penyebaran Covid-19. Hal tersebut dapat dilihat dari kepedulian, solidaritas kemanusiaan dan gerakan – gerakan sosial yang dibangun untuk membantu masyarakat dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19.

Beragam kisah kebaikan dalam bentuk gerakan sosial terus bermunculan di tengah Covid-19 yang mewabah. Seluruh elemen masyarakat turun tangan bahu membahu memberikan bantuan, saling berbagi saat pandemi Covid-19.

Dimulai dari penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga, pembagian masker dan hand sanitizer secara gratis,  pemberian makanan gratis, pembagian sembako serta menggalang donasi APD (Alat Pelindung Diri) yang diperuntukkan pada setiap rumah sakit dan puskesmas.

Baca Juga : Sumbangkan Dana Haji yang di Tabung Bertahun-tahun untuk Penanganan Corona

Hal tersebut telah dilakukan di berbagai daerah Indonesia sebagai bentuk kepedulian mereka. Gerakan-gerakan sosial ini pun cukup membantu masyarakat dalam upaya meredam pandemi Covid-19 yang terus menyebar secara cepat.   

Nilai sosial yang sangat tinggi memberi dorongan kepada masyarakat untuk bersama-sama  peduli dan saling menguatkan di tengah krisis pandemi Covid-19. Karena hal inilah merupakan yang terpenting saat ini dengan peduli terhadap sesama. 

Penulis : Abil Hasan, Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UIN Alauddin Makassar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *