Tempat Kembangkan Wawasan Musik

Milenianews.co.id, Jakarta – Musik memberi warna kehidupan. Kata banyak orang, kepribadian seseorang juga bisa dilihat dari musik apa yang ia dengarkan. Musik juga terkadang menjadi penenang pikiran dan jiwa saat belajar maupun bersantai.

Menemani aktivitas lain tak jarang banyak dilakukan dengan mendengarkan musik. Nada yang mengalun dalam banyak alat musik, ciptakan harmonisasi yang menawan.

ADOP

Baca Juga : Rian D’Masiv Anggap Lagu Anak Tak Lagi ‘Seksi’ di Industri Musik Indonesia

Sehingga, banyak orang yang belajar memainkan alat musik. Tapi untuk bisa memainkannya tidak lah mudah. Mereka yang ahli pun masih harus terus menambah porsi latihan untuk menciptakan karya yang bagus.

Ada banyak sekali tempat pembuatan alat musik di dunia ini. Namun, kebanyakan dari tempat itu juga tidak dibuka untuk umum, apalagi sampai membuka tur.

Namun, ada beberapa tempat pembuatan alat musik yang mengizinkan proses produksinya dilihat publik. Bahkan sebagian ada yang punya galeri seni sendiri.

Baca Juga : Mengenal Joelina Bee, Penyanyi Dangdut Asal Amerika

Berikut tempat-tempat yang kamu kunjungi untuk menambah wawasan musik kamu :

Steinway & Son


Foto : Google

Letaknya di Long Island City, Queens, New York. Steinway & Son adalah pabrik tempat pembuatan piano terkenal. Pabrik yang dibuka pertama kali sekitar tahun 1853 ini oleh imigran asal Jerman, Steinweg mendapat puncak kejayaannya pada 1972 silam.

Kala itu, semua produksi piano di pabrik ini semuanya laku terjual. Hingga saat ini, terus berkembang dan bahkan membukanya untuk tur edukasi musik.

Steinway & Son mengenalkan untuk siapa saja yang ingin tahu cara pembuatan piano yang rumit. Selain itu, banyak musisi dunia menjadi langganan Steinway & Son. Mereka juga kerap mengadakan pertunjukan musik klasik, tentunya dengan piano buatan mereka.

The Reuter Organ Company


Foto : Lawrence Jurnal World

Pabrik ini berlokasi di Lawrence, Kansas, Amerika Serikat. Usianya yang sudah seabad, menjadikan parbik ini snagat terkenal. Musik pengiring film-film bisu zaman dulu dihasilkan lewat alat musik buatan mereka.

Pabrik organ ini juga membuka fasilitas tur edukasi musik. Kamu bisa melihat langsung proses pembuatan dan perakitan organ di sini. Pengunjung juga diperbolehkan melakukan tur ke toko mereka.

Para pelajar biasanya menjadi langganan melakukan tur studi musik. Untuk waktu tur sendiri dibuka setiap weekday dari pukul 08.00 sampai 15.30 waktu setempat.

Moog


Foto : Pinterest

Moog adalah pabrik pembuatan alat musik elektronik yang terkenal di dunia. Berdiri pada awal tahun 1990-an. Bagi yang ingin tahu cara pembuatan musik elektronik, bisa mengikuti tur ini.

Tur di Moog tidak dikenakan biaya alias gratis dan dibuka setiap Senin sampai Jumat dari pukul 10.30-15.30 waktu setempat. 

Martin & Co


Foto : Google

Martin & Co adalah pabrik gitar paling terkenal di dunia. Letaknya ada di Nazareth, Pensylvania yang sudah ada sejak 1833.

Pabrik ini, memperlihatkan secara langsung perakitan gitar yang selalu digunakan para musisi dunia. Tak hanya tur, disini juga selalu diadakan festival musik hampir setiap hari lho.

German Harmonica & Accordion Museum
Foto : Google

 

Harmonika berupa alat musik tiup mungil yang memiliki suara nyaring. Alat ini menjadi sangat populer dikalangan orang Eropa. Salah satu tempat pembuatan alat musik ini berada di Torossingen, Jerman. 

German Harmonica & Accordion Museum, berdiri sejak 1857 namun kini tak lagi memproduksi harmonika. Sudah berubah menjadi museum.

Di museum ini, pengunjung bisa melihat lebih dari 25.000 koleksi harmonika dari Hohner, sang pendiri pabrik. Museum ini buka pada Selasa hingga Jumat, Minggu dan hari libur pada 13.30-17.00 waktu setempat.

Museo del Violin


Foto : Google

Tempat ini adalah tempat yang sangat penting dalam perkembangan alat musik biola. Museo del Violin terletak di Cremona, Italia dan sudah ada sejak abad 17.

Banyak sekali koleksi biola yang dipamerkan di museum ini. Selain itu, tersedia juga pertunjukkan dan pameran seni yang rutin digelar secara rutin. (Ikok)

Sumber : Dream

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here