UBSI Bekali Mahasiswa Dengan Kompetensi Melalui Seminar dan Pelatihan

Cengkareng, Milenianews.com – Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Cengkareng bekali mahasiswa dengan kompetensi dan keterampilan melalui seminar bertema How to Be A Data Analyst”. Pada Jum’at (21/6) di Aula UBSI Kampus Cengkareng. Kegiatan diikuti oleh 218 mahasiswa semester 2 Prodi Sistem Informasi UBSI Kampus Cengkareng.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Muthia Bianda selaku Data Analyst dari Happy Fresh, salah satu startup yang sedang berkembang di Indonesia. Serta di pandu oleh Mochammad Nandi selaku moderator. Banyaknya mahasiswa yang menggemari perusahaan-perusahaan startup untuk dijadikan lokasi bekerja kelak membuat mereka antusias.

Sumber : dok. UBSI

Muthia menjelaskan bahwa Data Analyst merupakan profesi dibidang teknologi informasi yang bertanggungjawab menghasilkan hasil analis terhadap data yang dikumpulkan perusahaan. Tim data biasanya terbagi menjadi 3 bagian utama, yaitu Data Engineer, Data Analyst, Business Intelegence Analyst.

“Untuk Data Analyst sendiri memiliki tanggungjawab dalam menjawab pertanyaan bagaimana dan kenapa hasil data harus menghasilkan suatu output yang dibutuhkan perusahaan. Seorang Data Analyst harus menguasai SQL Querying, Bahasa pemrograman R atau Python, visualisasi serta komunikasi dimana semuanya dipadukan menjadi satu kesatuan yang digunakan untuk menganalisa data.” Muthia menjelaskan.

Baca Juga : UBSI Edukasi DKM Al-Munawaroh Cengkareng Tentang Pemanfaatan Sosmed Untuk Berdakwah

Salah satu peserta seminar sangat senang dengan dihadirkannya narasumber ini “Acara ini sangat membantu kami untuk nantinya didunia kerja. Selain itu, ada beberapa materi yang sesuai dengan perkuliahan diantaranya manajeman data, basis data, karena peluang kerja ata analis sangat terbuka.” Ujar salah satu peserta seminar.

Diakhir pemaparan materinya, muthia menyampaikan pentingnya memiliki kompetensi terutama data analyst untuk mahasiswa Sistem Informasi.

“Peluang kerja untuk seorang data analyst sangat bersar. karenanya asah terus kemampuan, memahami, mengatasi dan menyelesaikan suatu kasus permasalahan tentang data selama menempuh pendidikan dibangku perkuliahan.” pungkasnya.

Post Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *