Mahasiswa UBSI Persiapkan Dunia Kerja Dengan Sertifikasi Profesi

Milenianews.com, Jakarta – Dalam dunia kerja, sertifikasi profesi merupakan kegiatan yang bisa meningkatkan kompetisi SDM. Di dalamnya berupa penyelesaian tes-tes keahlian dalam bidang yang didalami.

Masa sekarang, sertifikasi menjadi hal penting, mengingat persaingan di dunia kerja sangat ketat. Bukti tertulis hasil dari sertifikasi tersebut bisa menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam dunia kerja, baik untuk kenaikan jabatan ataupun masuk kerja.

Baca Juga : UBSI Bekali Mahasiswa Dengan Kompetensi Melalui Seminar dan Pelatihan

Pemerintah, melalui Undang-Undang No.12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah No.4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan pengelolaan Perguruan Tinggi mengatur penyelenggaraan sertifikasi. Terutama yang diterapkan di dunia pendidikan tinggi.

Untuk itu, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) meyiapkan mahasiswa/i nya untuk melaksanakan sertifikasi Basis Data dengan menggelar Workshop.


Foto : UBSI Salemba 22

Workshop ini terselenggara sebagai persiapan untuk para mahasiswa/i Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) Fakultas Teknologi Informasi UBSI menghadapai sertifikasi Basis Data. Kegiatan dilaksanakan di Aula UBSI Salemba 22, Jakarta Timur pada Selasa (18/06) pekan silam.

Pembicara yang hadir ialah pembicara Rifky Permana M.Kom. Seminar dihadiri sebanyak 390 mahasiswa dari UBSI Kampus, Salemba 22, Pemuda, dan Dewi Sartika.

Selain di Salemba 22, juga dilaksanakan di Aula UBSI Bekasi, Bekasi, Jawa Barat pada Rabu (19/06) pekan silam.

Dihadiri Rahayu Ningsih, M.Kom selaku pembicara, kegiatan dikhususkan untuk mahasiswa semester 6. Sekaligus untuk mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang nantinya akan dicantumkan dalam Ijazah.

Foto : UBSI Bekasi

Mahasiswa yang hadir sebanyak 35 orang dari UBSI kampus Bekasi, 1 dari UBSI kampus Cikarang dan satu dari UBSI kampus Cikarang.

Sertifikasi ini ditujukan untuk mahasiswa dari Prodi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) yang diselenggarakan atas kerjasama dengan lembaga sertifikasi swasta yang dtunjuk Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Preinexus.

Selain itu, diselenggarakan juga di UBSI kampus BSD, Depok, pada Kamis (20/06) silam. Dengan dihadiri 216 peserta dan acara dibuat dua sesi.

Maruloh, M.Kom selaku pembicara, memaparkan materi mengenai pentingnya sertifikasi bagi mahasiswa juga pemaparan mengenai proses sertifikasi sistem basis data ini.

Mahasiswa diberi materi secara detil mulai dari proses login, menjawab soal ujian sampai cara mengunduh sertifikat nantinya.

Pelaksanaan sertifikasi dilaksanakan pada Minggu (23/06) kemarin oleh seluruh mahasiswa semester 6 dengan mengakses laman ubsi.preinexus.id.

Dalam pelaksanaan sertifikasi profesi, UBSI telah bekerja sama dengan E-Test For Indonesian Profesional Knowledge Proficency (Preinexus), salah satu lembaga yang ditunjuk Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Baca Juga : Forum Akademisi Indonesia, Sinergikan Akademisi Hadapi Isu-isu Besar

Seluruh kegiatan workshop yang digelar diharapkan bisa mempermudah mahasiswa untuk menghadapai sertifikasi nantinya. Sehingga dapat memberikan hasil maksimal untuk mahasiswa dan lulus sertifikasi dalam bidang basis data, agar bisa bersaing dengan lulusan lain di dunia kerja.

Comments

2 Comments on “Mahasiswa UBSI Persiapkan Dunia Kerja Dengan Sertifikasi Profesi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *