Intel Dikabarkan Batal Luncurkan Prosesor 10nm

Prosesor Intel 10nm

Milenianews.com – Setelah sebelumnya Intel dikabarkan akan meluncurkan prosessor 10nm, tapi kabar buruk datang. Dikabarkan Intel membatalkan semua rencana peluncuran prosesor 10nm. Kabarnya, Intel sedang fokus untuk menyelesaikan pengembangan prosesor 7nm mereka untuk siap meluncur pada 2022 mendatang.

Dilansir dari Tek.id(15/10) bocoran ini berasal dari Hardwareluxx, yang mengaku mendapatkan informasi dari orang dalam. Laporan itu mengatakan bahwa pasokan 10nm Intel tidak cukup untuk menangani pasar massal seperti ketersediaan prosesor desktop saat ini.

Comet Lake-S (2020) dan Rocket Lake-S (2021)merupakan desktop yang akan dibangun menggunakan teknologi fabrikasi 14nm yang disempurnakan. Kedua desktop ini menawarkan kinerja single-core dan multi-core yang sangat baik sesuai harapan pengguna.

Pernyataan tersebut seperti mengisyaratkan bahwa Intel harus fokus memproduksi prosesor 14nm mereka hingga 2022 mendatang. Jika mereka memaksakan untuk mengembangkan prosesor 10nm, maka kemungkinan besar prosesor 7nm mereka akan terdorong lebih jauh lagi.

Baca Juga : Microsoft Luncurkan Surface Laptop 3 Dengan Processor Intel Quad-Core Generasi ke-10

Sedangkan untuk jajaran CPU desktop 2022, peluncuran Meteor Lake tidak sesuai dengan core baru yang sedang dikerjakan Intel. Inti Golden Cove yang akan menjadi penerus inti Willow Cove (Tiger Lake CPU / 10nm+) akan ditawarkan pada tahun 2021.

Apakah nantinya  inti Golden Cove adalah produk 10nm yang disempurnakan atau 7nm? Belum bisa dipastikan. Beberapa dugaan lain, kemungkinan besar adalah bahwa Ocean Cove, generasi setelah Golden Cove berbasis 7nm dan akan disiapkan untuk prosesor desktop Meteor Lake-S.

Mendengar rumor tersebut, pihak Intel pun memberikan pernyataan mereka. Seperti biasa, mereka membantah adanya rumor tersebut dan menyatakan bahwa mereka akan mencoba mengembangkan prosesor 10nm.

“Kami terus membuat kemajuan besar pada 10nm, dan peta jalan kami saat ini untuk produk 10nm termasuk desktop,” kata perwakilan Intel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *