Messenger Room, Telekonferensi Besutan Facebook

Messenger Rooms

Milenianews.com – Facebook telah meluncurkan fitur video chat terbarunya bernama Messenger Rooms. Facebook mengklaim, ini bisa digunakan melalui Facebook, Messenger, bahkan yang tidak memiliki akun Facebook sekalipun.

Jika sobat milenia memiliki link ruang meeting, maka bisa bergabung dengan akses melalui browser, namun tidak bisa jadi host. Daya tampung fitur video chat ini mencapai 50 orang dengan waktu panggilan yang tidak terbatas.

Messenger Rooms bisa diakses menggunakan smartphone ataupun desktop. Apabila dibuka melalui smartphone, tata letak video hampir sama dengan panggilan video WhatsApp. Sedangkan melalui PC, tata letaknya akan mirip dengan aplikasi Zoom, yakni kotak-kotak. Untuk tampilan desktop dapat menampilkan hingga 16 kotak peserta dan 8 kotak video di smartphone.

Dilansir dari Tek.id(1/5), untuk memulai rapat di Messenger Rooms, seorang host wajib memiliki akun Facebook terlebih dahulu. Jika sobat menggunakan Messenger, klik menu People yang ada menu bagian bawah. Lalu akan ada pilihan Create a room di atas daftar teman yang sedang aktif.

Namun, untuk Messenger melalui Facebook di desktop, belum ada fitur Messenger Rooms. Mungkin untuk sekarang, menjadi host dan membuat ruangan hanya bisa melalui Messenger di ponsel.

tampilan membuat ruangan di messenger rooms
Tampilan membuat room (sumber : tek.id)

Messenger Rooms memiliki beberapa perbedaan dengan platform telekoferensi lainnya. Ini dilengkapi dengan efek-efek AR dari Facebook yang bisa dipakai saat video berlangsung. Ada juga filter untuk membuat kualitas video semakin bagus. Namun, fitur ini hanya dapat digunakan bagi partisipan yang mengakses lewat aplikasi Messenger.

Baca Juga : Facebook Messenger Kids, Sosial Media Aman Untuk Anak

Sama seperti platform lainnya, kita bisa share screen dan untuk keamanannya disini juga ada fitur mengunci ruangan. Fitur ini dapat mencegah partisipan lain masuk.

Rumornya, nanti Messenger Rooms akan terintegrasi dengan anak perusahaan Facebook lainnya yakni WhatsApp dan Instagram. Integrasi ini memungkinkan para pengguna dari lintas aplikasi masuk ke ruangan yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *