Cerpen  

Merpati Putih Baik Hati

TeHera. (Foto: Istimewa)  

Udara cerah berlangit biru, tampaklah seekor Merpati Putih sedang bertengger di sebatang pohon yang rindang. Ia bernyanyi tanda riang hati. Bulunya yang putih membuat alam menjadi indah berseri.

Merpati Putih memandang ke langit, lalu ke samping kanan dan kiri. Ketika memandang ke bawah, tampak olehnya seekor capung yang sedang bersedih hati.

Merpati Putih terbang rendah mendekati capung dan berusaha memulai percakapan, “Hai Capung, kenapa kamu bersedih? Aku melihatmu sendirian, apakah kau tidak punya teman?” tanya Merpati Putih.

Capung memandang Merpati Putih lalu berkata, “Iya aku sendirian. Teman-temanku pergi dan meninggalkanku. Aku tidak bisa terbang seperti mereka karena sayapku hanya satu.”

Merpati Putih bertanya lagi, “Kenapa sayapmu hanya satu pasang?” Capung menjawab, “Siklus hidup aku dimulai dari telur, nimfa lalu imago atau capung dewasa. Teman-teman memiliki dua pasang sayap,  sedangkan sejak aku berubah dari nimfa ke imago sayapku adu pasang. Merpati Putih mengangguk-angguk tanda mengerti.

Mendengar cerita Capung, Merpati Putih semakin iba dan berusaha untuk membuat Capung gembira.“Hai Capung, maukah kamu ikut denganku?” tanya Merpati Putih.

“Ikut ke  mana, Merpati?” tanya Capung menjadi penasaran.

“Aku mau ajak kamu terbang berkeliling melihat alam ciptaan Allah yang indah ini.”

“Kita terbang yuk, kamu naik ke punggungku dan pegang erat sayapku!” ajak Merpati Putih. Mata Capung berbinar dan senang.

Merpati Putih terbang bebas sembari mengajak Capung terbang dan bercerita tentang indahnya alam. Sungai berliku serta sawah dan ladang terbentang. Capung sangat senang bertemu dengan sahabat bernama Merpati Putih. Alhamdulillah.

Bogor, 29 April 2024

Penulis: TeHera 

Biografi Penulis:

Tjutju Herawati. Panggilan akrabnya Ibu Hera. Aktivitas keseharian berkiprah di dunia pendidikan anak usia dini dan parenting terutama yang berkaitan dengan tahapan perkembangan anak. Menjadi guru TK sejak tahun 1991 dan menekuni model pembelajaran BCCT sejak tahun 1996 hingga saat ini. Pelatihan langsung didapatkan dari Dr. Pamela C. Phelps di Creative Preschool Tallahasse-Florida.

Mulai menulis sejak pertengahan tahun 2021 berupa : cerita anak, cerita pendek, dan puisi yang bertajuk kisah kehidupan dan pengalaman selama mengajar.  Jejak pena mengukir indah sejarah kehidupan, menebar hikmah dan manfaat bagi sesama.  Semoga dapat menginspirasi dan penuh keberkahan.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *