SMP Bina Insani Gelar Tarhib Ramadhan, Songsong Ramadhan dengan Gembira dan Ikhlas

Milenianews.com, Bogor—SMP Bina Insani   menggelar acara Tarhib Ramadhan (Menyambut Ramadhan), Jumat (1/3/2024). Acara yang diadakan di Aula SMP  Bina Insani Bogor itu mengusung tema “Bersyukur kepada Allah dengan meningkatkan semangat beribadah kepada Allah”.

Tarhib Ramadhan itu diisi tausiyah oleh Head of Division Islamic Studies  Bosowa School Ustadz Asep Sumarsana SAg. “Paling tidak, ada empat  hal yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan semangat beribadah dalam rangka  menyongsong Ramadhan dengan gembira dan ikhlas,” kata Asep Sumarsana seperti dikutip dalam rilis yang diterima Milenianews.com.

Pertama, selalu mengingat Allah SWT. Caranya antara lain  mengingat nama-nama Allah yang baik (Asmaul Husna), selalu bersyukur kepada Allah dan beribadah kepada-Nya, berdzikir kepada Allah, dan mengeluarkan zakat.

“Kalau kita  rajin melaksanakan perintah-perintah  Allah,  kita akan diberikan ketenangan,” ujarnya seraya mengutip Al Quran Surat Al-Baqarah ayat 152, yang artinya, “Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.”

Kedua, menjauhi penyakit hati. Termasuk di dalamnya penyakit riya (pamer, ingin  dipuji),  marah, lalai (misalnya santai saja saat dipanggil ke masjid), cepat lupa, was-was atau ragu-ragu, tamak  (rakus/serakah), dan ujub/sombong.

“Kita harus benar-benar mengelola hati kita, agar terhindar dari penyakit-penyakit hati. Caranya antara lain memperbanyak bacaan istighfar,” tuturnya.

Ketiga, meningkatkan ketakwaan kepada  Allah. “Caranya antara lain, perbaiki shalat kita, serta rajin membaca dan mempelajari Al Quran,” kata Asep.

Keempat, terkait harta dunia, jangan melihat ke atas. Seperti diajarkan oleh Rasulullah SAW, “Lihatlah orang yang berada di bawahmu,  dan jangan melihat orang yang berada di atasmu, karena itu lebih baik agar kalian tidak meremehkan nikmat Allah yang diberikan kepadamu.” (HR Bukhari-Muslim).

Baca Juga : SMP Bina Insani Laksanakan English Camp di Bandung

Asep Sumarsana lalu mengutip Al Qurat Surat Ibrahim ayat 7, yang artinya, “Jika kamu bersyukur akan nikmat-Ku niscaya aku tambah nikmat-Ku kepadamu. Namun jika kamu kufur nikmat, ingatlah sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih.”

Bila empat hal di atas kita laksanakan dengan sebaik-baiknya, insya Allah kita dapat menyongsong  dan mengisi hari-hari Ramadhan dengan gembira dan Ikhlas, dan kualitas ibadah kita meningkat,” ujar Asep Sumarsana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *