Berikut Perbedaan D1, D2, D3, D4, dan S1 yang Harus Kalian Ketahui

Berikut ini Perbedaan antara D1, D2, D3, D4, dan S1

Milenianews.com – Untuk sobat milenia yang sekarang sudah menginjak kelas tiga SMA/SMK sederajat mungkin sedang bimbang untuk target melanjutkan pendidikan. Sebelum memilih perguruan tinggi yang akan kalian masuki, kalian harus tahu dulu apa perbedaan D1, D2, D3, D4 dan S1 agar tidak salah memilih.

Pada dasarnya pendidikan terbagi menjadi 2, yaitu vokasi dan pendidikan akademik.

Apa itu pendidikan vokasi? Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Ini meliputi program pendidikan diploma satu (D1), diploma dua (D2), diploma tiga (D3) dan diploma empat (D4).

Sedangkan pendidikan akademik adalah pendidikan tinggi yang diarahkan terutama pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan sebagainya yang tentunya mencakup program pendidikan sarjana (S1), magister (S2) dan doktor (S3).

Lantas? Apa yang harus kita pilih? Sebelum menentukannya, Yuk Simak perbedaan antara D1, D2, D3, D4, dan S1!!

Program D1

Program pendidikan Diploma 1 (D1) memiliki masa belajar 1 tahun dengan mengedepankan suatu keterampilan untuk kalian yang siap kerja. Jika kalian sudah siap kerja, D1 merupakan pilihan yang paling tepat karena cepat lulusnya.

Selama 1 tahun atau 2 semester itu sebanyak 32 SKS (Satuan Kredit Semester), kalian akan mendapatkan gelar A.P. atau disebut Ahli Pratama. Namun sangat jarang perusahaan yang mencantumkan D1 sebagai requirement minimum untuk bekerja.

Berikut adalah beberapa program studi D1 yang bisa kamu pilih:

1. Program Studi Pajak, Kepabeanan dan Cukai, dan Kebendaharaan Negara di Politeknik Keuangan Negara. (http://www.pknstan.ac.id/)
2. Program Studi Perhotelan di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (https://trisakti.ac.id/)
3. Program Studi Teknik Informatika di Akademi Komunitas Negeri Pacitan (https://new.aknpacitan.ac.id/).

Baca Juga : Teknik Informatika Jadi Prodi Unggul dan Paling Banyak Diminati

Program D2

Untuk program pendidikan Diploma 2 (D2) memiliki masa belajar lebih lama dari D1, yaitu 2 tahun dengan praktik dan teori yang tentunya lebih banyak ketimbang D1. Ketika kalian lulus nanti kalian akan menyandang gelar A.Ma atau disebut Ahli Muda.

Berikut adalah beberapa program studi D2 yang bisa kalian ambil :

1. Program Studi Pengujian Kendaraan Bermotor di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (https://www.ptdisttd.ac.id/).
2. Program Studi Teknik Pembuatan Garmen di Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta (https://ak-tekstilsolo.ac.id/)
3. Program Studi Akomodasi Perhotelan di Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia (https://mapindo.ac.id/).

Program D3

Pendidikan Diploma 3 (D3) bisa dibilang adalah yang paling diminati karena durasi tempuh dan program pendidikannya dinilai cukup untuk siap bekerja. Durasi tempuh program studi D3 adalah 3 tahun dengan SKS sebanyak 112 SKS.

Tentunya lebih unggul jika kita bandingkan dengan D1 dan D2. Saat ini, sudah banyak perguruan tinggi yang membuka program studi pada jenjang pendidikan ini.

Dengan pilihan program studi yang menarik dan beragam membuat program studi D3 ramai peminat.

Lulusan program D3, akan meraih gelar A.Md atau disebut juga Ahli Madya dan menjadi lulusan yang siap kerja dan siap bersaing di dunia kerja profesional.

Pilihan program studi D3 yang bisa kamu ambil sangat beragam daripada jenjang D1 atau D2. Terdapat pula fakultas khusus vokasi yang mewadahi program studi D3 di berbagai perguruan tinggi.

Berikut adalah beberapa program studi D3 yang bisa kalian pilih:

1. Program Studi Sistem Informasi, Teknologi Komputer, dan Sistem Informasi Akuntansi di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) (http://www.bsi.ac.id/).
2. Program Studi Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Bahasa Asing LIA (https://stbalia.ac.id/)
3. Program Studi Seni Rupa dan Desain di Universitas Kristen Maranatha (https://www.maranatha.edu/).

Baca Juga : 10 Kampus Swasta dengan Lulusan Cepat Kerja

Program D4

Pendidikan Diploma 4 (D4) lebih banyak mempelajari ilmu praktik daripada ilmu teori. Program D4 memiliki masa pendidikan 4 tahun dan jumlah SKS sebanyak 144 SKS.

Lulusan program pendidikan ini seringkali disebut Sarjana Terapan. Setelah lulus kalian akan meraih gelar S.ST yaitu Sarjana Sains Terapan.

Berikut adalah contoh program pendidikan D4 yang bisa kalian pilih:

1. Program Studi Kebidanan di Universitas Gadjah Mada (https://www.ugm.ac.id/)
2. Program Studi Hotel Management di Binus University (https://binus.ac.id/)
3. Program Studi Keuangan dan Perbankan di Politeknik Negeri Jakarta (https://www.pnj.ac.id/)

Program S1

Berbeda dengan program pendidikan Diploma, program pendidikan Strata 1 (S1) mengedepankan ilmu teori ketimbang praktik. Pendidikan ini sangat cocok untuk kalian yang mengedepankan ilmu teori dengan perbandingan sekitar 60% teori dan 40% ilmu praktik.

Sementara itu, program pendidikan S1 memiliki durasi tempuh 4 tahun. Serta memiliki SKS sebanyak 144-166 SKS. Syarat lulus program studi ini adalah skripsi, yang memiliki beban 6 SKS.

Baca Juga : 5 Kampus di Indonesia Pencetak Startup Sukses

Setelah lulus nanti, kalian akan mendapat gelar Sarjana dengan awalan “S” yang ada singkatan dari jurusan yang kalian ambil.

Beberapa program studi yang bisa kalian ambil sebagai berikut:

1. Program Studi Akuntansi, Manajemen, dan Sistem Informasi di Universitas BSI (https://www.bsi.ac.id).
2. Program Studi Sains Data, Manajemen, dan Bisnis Digital di Universitas Nusa Mandiri (https://nusamandiri.ac.id)
3. Program Studi Teknik Informatika dan Bisnis Manajemen di Universitas Bina Nusantara (https://binus.ac.id).

Itulah Perbedaan D1, D2, D3, D4, dan S1 yang harus sobat ketahui sebelum memilih perguruan tinggi. Bagaimana sobat milenia? Tertarik Untuk melanjutkan pendidikan kemana nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *