Beranda Pendidikan 5 Kampus di Indonesia Pencetak Startup Sukses

5 Kampus di Indonesia Pencetak Startup Sukses

Milenianews.com, Kampus Pencetak Startup Startup atau perusahaan rintisan mulai menjamur di Indonesia. Bisnis startup ini biasanya dirintis oleh generasi muda yang sangat dekat dengan teknologi digital. Pasalnya, di era digital saat ini, mengharuskan semua berinovasi dan kreatif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Semua itu, tidak terlepas dari ilmu pengetahuan berbasis teknologi digital. Banyak perguruan tinggi telah mempersiapkan bekal pengetahuan teknologi digital bagi mahasiswanya.

Baca Juga : 7 Kampus Murah dan Berkualitas di Depok

- Advertisement -

Sinergi dengan visi Kemendikbudristek yaitu program kampus merdeka vokasi, startup menjadi perhatian khusus.

Perguruan tinggi yang menciptakan bisnis startup terbaik akan mendapatkan suntikan dana dari pemerintah.

- Advertisement -

Nadiem Makarim, menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi (Menristek) menawarkan bantuan dana hingga ratusan miliar rupiah bagi perguruan tinggi vokasi yang membangun startup.

Berikut 5 kampus di Indonesia yang berhasil mencetak pendiri startup sukses:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Kampus pencetak startup
Foto : Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB).

ITB telah lebih dari 50 tahun berkontribusi dalam pendidikan tinggi di Indonesia. Sudah banyak tokoh-tokoh besar Indonesia merupakan alumni ITB.

Perguruan tinggi berbasis teknologi ini sudah banyak mencetak generasi muda yang berpengetahuan di bidang teknologi. ITB merupakan perguruan tinggi pencetak pendiri startup terbanyak di Indonesia.

Ada sekitar 14 orang pendiri startup sukses di Indonesia berasal dari kampus ITB, seperti Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, Muhamad Fajrin Rasyid yang merupakan pendiri Bukalapak.

Sementara Shieny Aprilia, Arief Widhiyasa dan Andrew Pratomo Budianto yang merupakan pendiri game Agate.

2. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Foto : Universitas Bina Nusantara (Binus)

Binus terkenal sebagai kampus yang banyak menelurkan startup-startup muda berpengaruh.

Kampus ini juga terkenal dengan komitmennya mendidik mahasiswa di bidang IT, sehingga mereka memiliki bekal teknologi digital yang sangat mumpuni.

Sudah ada 11 startup yang lahir dari kampus BINUS ini, seperti William Tanuwijaya berhasil membangun Tokopedia, marketplace terbesar di Indonesia.

Selanjutnya ada Andrew Darwis sukses menjadi founder dan CTO dari Kaskus, dan masih ada sembilan yang lainnya.

3. Universitas Nusa Mandiri (UNM) sebagai kampus pencetak startup

Foto : Universitas Nusa Mandiri Margonda.

Perguruan tinggi swasta berikutnya, yakni kampus Universitas Nusa Mandiri (UNM) berbasis teknologi dan inovasi. Kampus ini telah terakreditasi dengan peringkat B telah mencetak startup sukses.

Lewat wadah Nusa Mandiri Startup Center (NSC) senantiasa membina para mahasiswa juga alumni menjadi startup handal dan sukses.

Ada 8 orang mahasiswa dan 5 alumni yang sukses membangun startup dibawah binaan NSC.

5 Alumni UNM yang sukses membangun startup yaitu Giovanni Umboh, founder dan CEO Bizhare sebuah situs layanan urun dana berbasis kepemilikian saham terbesar pertama di Indonesia.

Adi Sumanto selaku head of product owner PT MCPayment (Djarum Group), Fikri Muhamad Abdi, Yazid Naufal, Samson Wahyudi, mereka bertiga adalah pemiliki Ampaba Development.

Sementara tiga Mahasiswa UNM yang sukses membangun startup meski masih kuliah, yakni Rizal Prasetyo, owner Herocode, Iwan Styobudi, CEO & Founder aplikasi Nyuci, dan Hamdan, CEO & Founder Malakatech.

4. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia
Foto : Universitas Indonesia.

Kampus negeri satu-satunya yang lahirkan startup sukses di Indonesia adalah Universitas Indonesia (UI). Menyandang kampus negeri terbaik di Indonesia, UI telah melahirkan 4 startup sukses.

Mereka di antaranya Natali Ardianto, CEO Tiket.com dan Diajeng Lestari, CEO HijUp, Iman Usman, Chief of Product ruangguru.com dan Adrian A Gunadi, CEO Investree.

Sinergi dengan himbauan pemerintah yang menargetkan 1000 startup. Kampus UI telah meluncurkan program perusahaan startup binaan, guna menghasilkan banyak startup sukses di Indonesia.

5. Universitas Tarumanagara (Untar)

Foto : Universitas Tarumanagara.

Kampus swasta tertua di Jakarta ini, turut menyumbang pendiri startup di Indonesia.

Universitas Tarumanagara (Untar) merupakan kampus swasta dengan akreditasi A. Berkomitmen melalui visi kampus akan menjadi universitas entrepreneurial unggul yang memiliki integritas dan profesionalisme di Asia Tenggara. Telah mencetak 3 startup sukses di Indonesia.

Baca Juga : 10 Kampus Swasta dengan Lulusan Cepat Kerja

Itulah lima kampus di Indonesia yang telah melahirkan startup sukses. Beberapa diantaranya telah menjadi Unicorn Indonesia.

Apa kalian mau mengikuti jejak mereka? Ayo, semangat menimba ilmu pengetahuan sebagai bekal melahirkan inovasi dan ide kreatif selanjutnya.(Umi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Tom Holland Tanggapi Rumor Trilogi Spider-Man Baru

Milenianews.com - Spider-Man: No Way Home belum lama ini memiliki rumor jika Spider-Man masih akan berada di Universe MCU (Marvel Cinematic Universe). Kabarnya film...

Sendiri yang Ramai

Oleh : Miss Karhan Semua kusut tak dapat ku urai, Hanya air mata Menjelaskannya lewat derai Bibirku diam tanpa ucap, Batinku asik sendirian Bercakap cakap Riuh sekali pikiranku, Sedang aku...

Universitas Nusa Mandiri Sosialisasikan Pencegahan HIV/AIDS dengan Talkshow

Milenianews.com, Jakarta - Tanggal 1 Desember menjadi tanggal peringatan Hari AIDS Sedunia. Seiring dengan peringatan hari AIDS sedunia, Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengadakan talkshow...

Disney Anggarkan Rp437 triliun Untuk di Tahun 2022

Milenianews.com - Disney mengungkapkan rencana mereka untuk satu tahun 2022 dengan anggaran konten streaming menjadi USD33 miliar atau sekitar Rp473 triliun. Jika kita bandingkan dari anggaran...