News  

Terminal Tipe A Pakupatan Diresmikan Oleh Presiden Joko Widodo

Milenianews.com, Jakarta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan Terminal Tipe A Pakupatan di Serang, Banten, Senin (8/1). Dalam peresmiannya, Presiden menyatakan pemerintah akan terus membangun transportasi umum agar semakin banyak masyarakat yang beralih menggunakan transportasi massal.

“Oleh karenanya kita bangun dan kenalkan MRT, LRT, KRL, Transjakarta (Bus Rapid Transit/BRT). Semua itu untuk mendorong masyarakat agar menggunakan transportasi umum dan meninggalkan transportasi pribadi,” tuturnya.

Baca juga: Menhub Tinjau Terminal Tipe A Pakupatan Sebelum Diresmikan

Presiden mengapresiasi kerja sama yang baik dari Kemenhub dan pemerintah daerah yang telah melaksanakan revitalisasi Terminal Pakupatan. Adanya pembangunan tersebut ia berharap dapat semakin meningkatkan pelayanan dan kenyamanan. Selain itu juga untuk memberikan kesan bahwa terminal merupakan tempat yang aman.

“Revitalisasi ini sangat penting karena letak Serang sangat strategis. Menghubungkan dari Sumatera ke Jawa, Jawa ke Sumatera, dan jumlah penumpangnya relatif baik karena cukup banyak yang mau ke Sumatera ataupun Jawa,” ujar Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan.

Setiap harinya, jumlah penumpang Terminal Tipe A Pakupatan mencapai 3.111 orang dengan layanan 38 trayek AKAP dan 8 trayek AKDP.

Berdiri sejak 1995, terminal tersebut mulai direvitalisasi tahun 2022. Terminal seluas 30.569 meter persegi tersebut menggunakan biaya sebesar Rp 26,9 miliar yang berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan telah selesai pada tahun 2023.

Baca juga: SkyBridge BojongGede Tuai Pro dan Kontra dari Pengguna KRL

Dari sisi desain, bentuk denah, selubung, serta atap, Terminal Tipe A Pakupatan mengadopsi motif batik Banten yaitu Pamaranggen. Yaitu bermakna tempat pengrajin keris dan aksesoris pada masa Kesultanan Banten.

Lebih lanjut, atap bangunan bagian depan dan belakang menggunakan roof garden sebagai bagian dari konsep green building. Kemudian, dinding bangunan mayoritas terbuat dari kaca sebagai bagian dari konsep modern.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *