News  

Tarian Haka, Penghormatan Korban Penembakan Di Christchurch

Tarian Haka Maori Selandia Baru

Milenianews.com, Cristchurch – Saat Selandia Baru berkabung sebagai peringatan sepekan tragedi penembakan di Masjid Christchurch, tarian tradisional Maori, Haka menggema di seluruh negeri. Dimuat BBC Inggirs, tarian tersebut identik dengan tim rugby Selandia Baru, All Blacks yang terkenal, Jumat (22/03).

Sebenarnya apa itu Haka? Mengapa dilakukan di Selandia Baru untuk para korban penembakan di Christchurch?

Haka merupakan tarian tradisional bangsa Maori. Haka berarti  menari dalam bahasa Maori Selandia Baru.

Tarian tersebut merupakan tarian yang mengkombinasikan hentakan kaki, teriakan dengan tatapan mata yang tajam.

Baca Juga : Ajarkan Menulis Pada Generasi Milenial Lewat Workshop Jurnalistik

Haka Merupakan Tarian Tradisional Maori

Mattew Tukaki, Direktur Eksekutif Dewan Maori Selandia Baru mengatakan, tarian ini sering dianggap sebagai tarian perang. Namun, esensinya sebenarnya adalah sesuatu yang harus dihormati.

Dalam tarian tersebut seperti memberi semangat setiap para penari menghentakkan kaki mereka sambil bertieriak juga memukul tubuh mereka.

Tarian ini, punya banyak versi ada ratusan. Setiap wilayah dan masing-masing suku memiliki versi Haka nya sendiri. Hal tersebut tergantung dari siapa yang mengajarkan tarian tersebut.

Lanjut Tukaki, terlepas dari apakah ini benar-benar tarian perang, secara tradisional memang iya, tarian tersebut untuk memperingatkan musuh.

“Namun sekarang maknanya berubah,” lanjutnya dikutip dari BBC Inggris. Haka juga dilakukan setiap kali bangsawan Inggris berkunjung ke Selandia Baru.

Mengapa tarian ini dilakukan untuk para korban Christchurch?

Secara spontan banyak warga Selandia Baru melakukan tarian tradisional Maori ini di beberapa tempat disana. Namun, Tukaki tidak terkejut dengan aksi tersebut.

Menurutnya, ini merupakan tanggapa secara spiritual terhadap apa yang terjadi di Christcurch Jumat pekan lalu. Hal tersebut benar-benar dimaksudkan untuk mendoakan korban dari sisi spiritual.

“Ini adalah tanggapan spiritual terhadap apa yang telah terjadi dan itu benar-benar dimaksudkan untuk memanfaatkan kedalaman spiritual orang,” paparnya.

Pemerintah Rencanakan Haka Nasional Untuk Memberi Dukungan Terhadap Muslim

Tarian Haka ini menjadi pemersatu Selandia Baru. Dan Tukaki menyebut sangat penting bagi negara memiliki “Tanggapan Pemersatu” ini sekarang, mengingat tragedi Jumat lalu yang membuat banyak orang terkejut.

Baca Juga : Doa Bersama Menandai Sepekan Tragedi Cristchurch, Selandia Baru Hening Selama 2 Menit

Dewasa ini, tarian Haka biasa ditampilkan pada acara seremonial. Seperti acara ulang tahun, pernikahan, peringatan atau pemakaman para pemimpin negara dan orang-orang penting.

Kata-kata yang digunakan dalam tarian tersebut bisa berubah sesuai tujuannya apa. Seperti peringatan Jumat ini, ada Haka Nasional yang direncanakan untuk menunjukkan dukungan terhadap kelompok Muslim. (Ikok)

Tarian Haka Untuk Hormati Korban Penembakan Di Christchurch

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *