News  

Supermoon Terbesar Tahun Ini, Akan Hiasi Langit 19 Februari

Penampakan Supermoon

Milenianews.com, Jakarta – Supermoon akan kembali terjadi pada Kamis (19/02) mendatang, fenomena ini bisa diamati dari seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia.

Berbeda saat terjadi fenomena yang sama pada 21 Januari lalu, Kamis mendatang akan menjadi supermoon terbesar yang akan terlihat tahun ini.

Baca Juga : Siswa SMP Yang Nantang Gurunya Minta Maaf

Melihat Supermoon Terlihat Lebih Besar Dengan Teropong

Bulan akan berada pada jarak terdekatnya dengan Perigee -titik terdekat bulan ke bumi dalam orbit bulanannya- sejauh 356.761 kilometer.

“Pengamatan supermoon bisa dilakukan di Indonesia. Hal itu bisa dilakukan sepanjang malam, dari matahari terbenam hingga terbit,” kata ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaludin seperti dikutip uzone.id pada Jumat (15/02).

Lanjutnya, supermoon itu seperti bulan purnama, dapat dilihat di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Bulan purnama akan terlihat lebih besar jika diamati menggunakan teropong. Artinya, jika dilihat dengan mata telanjang tidak terlihat jelas ukurannya.

Supermoon Berikutnya Akan Nampak 21 Maret Mendatang

“Ukuran bulan yang terlihat akan lebih besar, tetapi tidak akan nampak kecuali menggunakan teropong terlebih jika membandingkannya dengan foto bulan rata-rata,” imbuhnya.

Supermoon berikutnya dipastikan akan datang kembali pada 21 Maret mendatang. Hanya bedanya, jarak bulan dengan Perigee mencapai 360.000 kilometer.

Baca Juga : Benarkah Supermoon Sebabkan Kualitas Tidur Buruk?

Bersiaplah menikmati keindahan supermoon yang sekarang lebih besar ukurannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *