News  

Pemerintah Rayakan WMD 2024 Dengan Memperkuat Infrastruktur Metrologi

Pemerintah memperkuat Infrastruktur Metrologi

Milenianews.com, Jakarta – Dalam mempercepat transformasi ekonomi berkelanjutan, pemerintah berupaya memperkuat infrastruktur metrologi. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN), Moga Simatupang di acara Hari Metrologi Sedunia ke-149 World Metrology Day (WMD) 2024 di Hotel Pullman Jakarta Central Park, Senin (20/5).

Mengusung tema ‘Penguatan Infrastruktur Metrologi untuk Mempercepat Transformasi Ekonomi dan Lingkungan yang Inklusif dan Berkelanjutan’, WMD 2024 merupakan kolaborasi Direktorat Metrologi Ditjen PKTN Kementerian Perdagangan, Badan Standardisasi Nasional (BSN), dan Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB) Germany.

Di samping itu, turut hadir Kepala BSN Kukuh S. Achmad, Asisten Direktur Biro Metrologi Legal Internasional (The International Bureau of Legal Metrology/BIML) Ian Dunmill, dan Direktur Metrologi Ditjen PKTN Sri Astuti.

Baca juga: eFishery Membantu Program Ekonomi Biru KKP Lewat eFeeder

Pemerintah memperkuat Infrastruktur Metrologi

Moga pun menerangkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif melibatkan semua lapisan masyarakat, termasuk pelaku usaha kecil dan menengah, serta masyarakat pedesaan. Sehingga, pemerintah perlu menerapkan kebijakan yang memastikan pemerataan ekonomi dan akses yang adil terhadap kesempatan perdagangan.

“Kebijakan perdagangan yang berkelanjutan harus memperhatikan aspek lingkungan dan kesejahteraan sosial. Hal ini meliputi perlindungan terhadap lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat lokal dalam perdagangan internasional. Sehingga, penerapan metrologi legal akan memberikan jaminan kebenaran pengukuran untuk menghasilkan produk-produk berkualitas dan berdaya saing global, serta melindungi kepentingan umum,” jelasnya dalam rilis yang diterima MileniaNews, Rabu (22/5).

Menurut Moga, Indonesia dapat memperkuat posisi dalam perekonomian global dengan menerapkan strategi perdagangan yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Puncak acara WMD 2024

Pada puncak acara, Kementerian Perdagangan juga memberikan plakat hadiah kepada para pemenang lomba desain alat ukur dan lomba penulisan paper terbaik. Serta penyerahan penghargaan kepada produsen alat ukur dan penyedia jasa kemetrologian dalam negeri berorientasi ekspor.

Sementara itu, BSN meluncurkan olimpiade metrologi.  Acara tersebut untuk memperkenalkan berbagai layanan baru yang akan mendukung standar metrologi dan memastikan kualitas, serta akurasi dalam berbagai bidang pengujian.

Baca juga: Islamic Economic Days (IED)  IX,  STEI SEBI Gelar Kampanye Ekonomi Syariah

Ada pun seminar peringatan Puncak Hari Metrologi Sedunia 2024 menghadirkan empat pembicara. Seminar pertama mengangkat tema ‘We Measure Today for a Better Tomorrow’. Pembicaranya adalah Asisten Direktur Biro Metrologi Legal Internasional (The International Bureau of Legal Metrology/BIML) Ian Dunmill. Selanjutnya membahas ‘Pentingnya Ketertelusuran Pengukuran dalam Mendukung Transformasi Ekonomi dan Lingkungan yang Berkelanjutan’.

Seminar ketiga yaitu membahas ‘Peran Metrologi Legal dalam mendukung Perdagangan yang Inklusif, Berwawasan Lingkungan, dan Berkelanjutan’.  Seminar keempat membicarakan ‘Peran Metrologi dalam Industri Hijau’ dengan narasumber Kepala Pusat Industri Hijau Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Apit Pria Nugraha.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *