Event, News  

Kemenperin Apresiasi Pelaku IKM Pada Gebyar IKMA 2023

Milenianews.com, Jakarta – Kemenperin memberikan apresiasi kepada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) melalui gelaran Gebyar IKMA 2023 di Jakarta, pada Kamis (14/12). Dalam kegiatan ini, terselenggara penganugerahan penghargaan atas sejumlah kompetisi di bidang IKM. Antara lain pemenang kompetisi Indonesia Food Innovation (IFI), Indonesia Fashion and Craft Award (IFCA), dan Startup For Industry (S4I).

Pemerintah berkomitmen untuk mendukung penumbuhan dan pengembangan pelaku IKM melalui berbagai program dan kegiatan strategis. Turut mendukung pemberdayaan IKM, BUMN, BUMD, sektor swasta, akademisi, dan asosiasi yang memiliki tujuan agar dapat meningkatkan peran IKM.

Baca juga: Semakin Membesar, IKM Sumbang Ekspor Sebesar Rp.272 Triliun

Menurut Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian, IKM memegang peran penting dalam penguatan struktur industri, serta turut mendorong pertumbuhan perekonomian nasional.

“Hal ini karena sektor IKM berkontribusi dalam hal penyerapan tenaga kerja, pemerataan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan,” kata Agus pada acara Gebyar IKMA 2023 di Jakarta, Kamis (14/12).

IKM menyerap 12 juta tenaga kerja

Menperin mengemukakan, saat ini populasi IKM berjumlah 4,19 juta unit usaha atau mendominasi hingga 99,7% dari total unit usaha industri di Indonesia.

Selain itu, IKM telah menyerap tenaga kerja sebanyak 12,67 juta orang atau menyumbang 65,52% dari total tenaga kerja industri.

Mengusung tema “Innovate Locally, Thrive Globally: Building Sustainable Ecosystem through Small and Medium Industries“, Gebyar IKMA 2023 sebagai langkah nyata dalam mendorong penciptaan dan penguatan IKM yang inovatif. Selain itu juga ramah lingkungan dan memenuhi prinsip-prinsip sustainability, serta mendorong iklim usaha yang kondusif.

Baca juga: Para Calon Ketua PC IPNU Kota Tasikmalaya Siap Adu Visi Misi Untuk Menuju Generasi Maju!

“Pemberian penghargaan pada perhelatan Gebyar IKMA 2023 ini diharapkan memberikan optimisme bagi para IKM,” tegasnya.

Pelaksanaan acara Gebyar IKMA 2023 juga bertujuan untuk menyebarkan informasi tentang upaya-upaya yang Kemenperin lalukan untuk mendorong perkembangan IKM. Sehingga hal tersebut mampu menjawab perubahan yang terjadi di masyarakat.

“Saya mengajak seluruh aspek masyarakat, asosiasi, komunitas, kementerian/lembaga, dan peran swasta untuk bersama-sama berkolaborasi mendukung IKM Indonesia untuk maju dan berkembang. Memasuki pangsa global, IKM Indonesia mampu mendukung ekosistem dan pembangunan berkelanjutan,” ajak Menperin.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *