Musik, News  

Band Rock Kiss Jual Brand dan Lagu Mereka Seharga Rp. 4.7 T

band rock kiss

Milenianews.com – Band hard rock Kiss telah menjual katalog lagu-lagu mereka kepada seorang investor musik Swedia dengan jumlah yang diperkirakan mencapai lebih dari $300 juta (±Rp 4,7 T). Penjualan ini juga mencakup merek grup, kesamaan wajah, dan kepemilikan intelektual. Ini menandai akhir dari pertunjukan langsung mereka dalam Tur Dunia Akhir Mereka.

Melansir dari BBC, pada Jumat (5/4), Bob Dylan dan Bruce Springsteen juga telah menjual katalog lagu mereka dengan angka multi-juta dolar. Kedua artis tersebut menjualnya kepada perusahaan musik besar masing-masing dengan harga $500 juta (Rp 7,9 T) dan $450 juta (Rp 7,1 T) secara berturut-turut. Namun, rincian kesepakatan Kiss belum diungkap, meskipun diperkirakan mirip dengan kesepakatan Genesis, namun lebih rendah dari penjualan katalog lagu Michael Jackson ($600 juta/Rp 9,5 T).

Baca juga: Rumah Legenda Musisi Freddie Mercury Dijual Rp 600 M!

Pembeli akan mendapatkan semua royalti lagu dan brand kiss

Meskipun detail kesepakatan Kiss belum diungkap, diperkirakan mirip dengan kesepakatan band asal Inggris, Genesis, namun kurang dari penjualan katalog lagu karya Michael Jackson ($600 juta/Rp 9,5 T). Namun, Pophouse tidak hanya akan memiliki hak atas musik tetapi juga seluruh merek band rock Kiss, termasuk penjualan kepemilikan intelektual, yang akan memungkinkan perusahaan Swedia itu menghasilkan konten AI di masa depan. Sebelumnya, Pophouse sudah berkolaborasi dengan Kiss dalam proyek avatar digital dan memproduksi konser Abba Voyage.

Kiss didirikan pada tahun 1973 oleh penyanyi utama Paul Stanley dan Gene Simmons. Anggota pendiri lainnya, yang juga termasuk Ace Frehley dan Peter Criss, terkenal dengan lukisan wajah ikonik mereka.

Dalam masa jayanya di tahun 1970-an, band tersebut menghasilkan hits seperti Rock and Roll All Nite dan God of Thunder. Pada tahun 1983, mereka tampil tanpa lukisan wajah untuk pertama kalinya dalam apa yang dikenal sebagai “membuka topeng”, sebelum kembali menggunakan topeng pada akhir tahun 1990-an.

Gene Simmons, yang dianggap sebagai jantung kewirausahaan band tersebut, menyatakan bahwa meskipun detail finansial tidak diungkapkan, penjualan ini akan membantu mereka membayar sewa. Dia menolak memberikan angka pasti tetapi menyindir bahwa itu mungkin ‘miliaran dolar’ sebelum menyarankan bahwa itu akan menjadi klaim yang berlebihan dan ‘tidak adil’. Menurutnya, yang terbaik dari kesepakatan ini adalah siapa yang mereka lakukan kesepakatan dengannya, tentang sifat kolaboratifnya, dan tentang bagaimana mereka bertemu dengan teman terbaik mereka untuk sisa hidup mereka.

Baca juga: Taylor Swift Sepakat Jual Hak Siar Eras Tour Ke Disney+ Seharga USD 75 Juta!

Kiss terkenal karena menjadi pemasar yang produktif dari produk bermerk. Simmons mengatakan mereka telah menempelkan merek mereka pada 5000 produk, mulai dari kopi hingga kondom dan bahkan peti mati. Meskipun ia menyatakan bahwa “lebih banyak uang selalu baik,” ia juga menegaskan bahwa beberapa hal tidak akan mereka jual, seperti “Kiss crack” atau rokok Kiss. Baginya, pembranding membuat segalanya menjadi menyenangkan, dan mereka akan terus memperkuat merek Kiss melalui pengembangan konten AI berdasarkan karya mereka.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *