News  

AREBI : Harapannya Ada Kementerian Khusus Perumahan di Pemerintahan Baru

Tapera dinilai terlalu dini untuk diterapkan oleh CEO IPW selaku pengamat properti dan Ketua Umum AREBI
Tapera dinilai terlalu dini untuk diterapkan oleh CEO IPW selaku pengamat properti dan Ketua Umum AREBI

Milenianews.com, Jakarta – Ketua Umum Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Lukas Bong berharap di pemerintahan baru ada kementerian khusus perumahan. Sehingga properti bisa berkembang dan kementerian tersebut hanya memikirkan perumahan khusus rakyat.

“Memang kita melihat harus ada kementerian khusus perumahan. Dengan adanya susunan kabinet baru di pemerintahan mendatang, harapanya kita harus punya kementerian khusus perumahan yang menangani perumahan rakyat,” pungkas Lukas Bong di Jakarta Selatan, Rabu (29/5).

Baca juga: Kementerian PUPR Percepat Renovasi Stadion JIS, Diharapkan Selesai September 2023

Ketua umum AREBI tersebut menjelaskan bahwa Indonesia bisa belajar dari negara-negara yang memiliki kementerian khusus perumahan rakyat.

“Kalau melihat dari negara tetangga yang memiliki kementerian perumahan rakyat, sektor properti bisa berkembang karena ada kementerian yang fokus untuk menangani sektor perumahan bagi masyarakat. Kita menyambut positif untuk hal ini,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Ali Tranghanda pengamat properti dari Indonesia Properti Watch (IPW) juga menyampaikan hal serupa terkait perlu adanya kementerian khusus perumahan rakyat.

“Dari dulu kita memang coba menginisiasi dan menunggu bahwa memang seharusnya ada kementerian perumahan rakyat sendiri. Cuma belum tahu nomenklatur dalam pemerintahan baru itu seperti apa,” imbuhnya.

“Kalau kementerian nanti hanya mengurusi perumahan saja, maka itu belum cukup karena namanya sektor perumahan ada dalam pengembangan perkotaan. Kita waktu itu sempat memberi usulan ke Kementerian perumahan rakyat dan perkotaan karena itu lebih luas lagi. Ini sejauh mana, kita belum tahu,” lanjutnya.

Baca juga: Laznas BMH  Gelar Santunan untuk Lansia Dhuafa dan Anak Yatim  dalam Peringatan HAB Kementerian Agama RI Ke-78

Sebelumnya, Asosiasi Pengusaha indonesia (Apindo) sempat mengusulkan pembentukan Kementerian Perumahan dan Perkotaan dalam pemerintahan baru untuk menangani urusan yang berkaitan dengan properti dan perkotaan.

Harapannya, Menteri serta Kementerian perumahan dan perkotaan di pemerintahan yang baru dapat menangani perumahan dan urusan yang berkaitan dengan properti. Kementerian tersebut dinilai perlu ada sebab untuk mengurusi urusan terkait perkotaan.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube MileniaNews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *